Ragam Cara Menjaga Kelembapan Kulit Bagi Anda yang Kerap Beraktivitas di Luar Ruangan

menjaga-kelembapan-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Menghabiskan banyak waktu di luar ruangan memang akan memberikan dampak bagi kesehatan kulit. Apalagi sinar matahari dan polutan merupakan penyebab utama dari penuaan sel-sel kulit. Lebih lanjut, terlalu lama berada di luar ruangan juga menjadikan kulit kehilangan kelembapannya. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menjajal sejumlah cara seperti berikut.

1. Mengonsumsi Lebih Banyak Cairan

Salah satu cara alami untuk menjaga kelembapan kulit adalah dengan menjaga asupan cairan. Asupan cairan akan menjaga sel kulit tetap lembap. Hal ini tentu saja akan mencegah kulit mengalami kekeringan yang menyebabkan sejumlah masalah pada kulit.

2. Mengaplikasikan Moisturizer

Dilansir dari Bliss Plan, Anda juga harus mengaplikasikan moisturizer yang tepat. Gunakan moisturizer dengan kandungan bahan pelembap dan hydrator yang cukup tinggi. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan moisturizer dengan kandungan bahan seperti butter (Shea butter atau cocoa butter) yang mengunci kelembapan kulit secara optimal.

3. Menggunakan Sunblock

Selain dua cara di atas, Anda juga diwajibkan mengaplikasikan Sunblock dengan tingkat SPF yang tinggi. Produk satu ini akan melindungi Anda dari paparan sinar matahari yang mengandung radiasi UV. Apalagi radiasi UV kerap menyebabkan kerusakan pada sel kulit yang tidak hanya menyebabkan kulit kering tetapi juga memicu kanker kulit.

Selain sejumlah cara di atas, Anda juga dapat menyiasatinya dengan menyediakan spray water. Apalagi saat ini sudah banyak produk spray water yang dilengkapi dengan kandungan bahan yang melembapkan sekaligus menyegarkan kulit. Kendati demikian, sesuaikan formula bahan produk yang digunakan dengan jenis kulit.