Menjaga Fungsi Ginjal Dengan Mengkonsumsi Seledri

DokterSehat.Com – Seledri termasuk kedalam keluarga yang sama dengan peterseli. Seledri tidak hanya dikenal sebagai jenis sayuran tetapi banyak orang yang menganggap bawah seledri ini bisa dijadikan sebagai tanaman obat.

8

Pada beberapa penelitian, seledri mampu menjaga kesehatan ginjal. Ginjal merupakan organ paling penting yang berfungsi dalam menyaring darah sehingga tubuh tidak teracun oleh tubuh, fungsi ginjal yang lain adalah mampu mendaut air, mineral, glukosa dan juga gizi yang masuk kedalam nefron lalu setelah itu mengebalikannya ke peredaran darah.

Daun seledri memiliki kandungan tinggi vitamin A, sementara batang merupakan sumber vitamin B1, B2, B6 dan C dengan pasokan kaya potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium dan kandungan asam amino esensial yang tinggi. Nutrisi yang terkandung di dalam seledri akan bekerja secara optimal ketika anda membuatnya menjadi jus. Natrium organik alami yaitu garam dalam seledri sangat aman untuk dikonsumsi dan sangat penting untuk kesehatan tubuh. Bahkan untuk anda yang mengalami gangguan dengan kestabilan darah seperti hipertensi masih aman untuk mengkonsumsi natrium yang terkandung di dalam seledri. Manfaat seledri selalu dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah padahal saledri juga dapat membantu anda dalam menjaga fungsi ginjal.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan dalam menjaga fungsi ginjal dengan menggunakan seledri, Pertama, ambilah seikat daun saledri kemudian cuci hingga bersih. Kedua potong ukuran kecil seledri kemudian masukan ke dalam panci. Rebus selama sepuluh menit dan didinginkan. Anda bisa mengkonsumsinya satu gelas setiap hari dan akan membantu anda untuk mengurangi racun yang menumpuk keluar di dalam air seni. Studi terbaru menunjukkan bahwa seledri juga efektif dalam memerangi kanker. Seledri diketahui mengandung setidaknya delapan keluarga senyawa anti kanker. Diantaranya adalah acetylenics yang telah terbukti menghentikan pertumbuhan sel tumor. Asam fenolat yang menghalangi aksi prostaglandin yang mendorong pertumbuhan sel tumor. Dan kumarin yang membantu mencegah radikal bebas dari sel-sel yang merusak. Selain itu kandungan mineral yang terdapat di dalam seledri juga mampu menyeimbangkan pH di dalam tubuh dan menetralkan keasaaman.

Baca Juga:  Penyebab Dan Gejala Ginjal Bocor

Pada atlet saledri bisa dikonsumsi dengan cara di jus untuk menyempurnakan pasca latihan tonik karena menggantikan elektrolit yang hilang dan rehydrates tubuh dengan kandungan mineral yang terkandung di dalam seledri. Kandungan kumarin fitokimia yang terdapat di dalam seledri mampu  mencegah pembentukan dan perkembangan kanker usus dan perut. Selain itu seledri mampu menjadi efek pencahar alami seledri yang membantu untuk meringankan sembelit. Hal ini juga membantu mengendurkan urat saraf yang telah bekerja terlalu keras dalam pencernaanya.

Bagi anda yang bermasalah dengan suhu tubuh, anda dapat mengkonsumsi segelas jus seledri dua atau tiga kali sehari, di antara waktu makan. Ini luar biasa membantu untuk menormalkan suhu tubuh. Kandungan dari seledri yang dibuat jus seledri dapat membantu mengontrol nafsu makan anda. Hal yang bermanfaat selanjutnya adalah efek diuretik dari  seledri yang membantu pemecahan dan penghapusan urin dan empedu. Konsumsi jus seledri secara teratur untuk hasil yang optimal.