Menjadi Vegetarian Bisa Mempengaruhi Asupan Gizi?

DokterSehat.Com – Semua orang tentu memiliki selera makan yang berbeda-beda. Beberapa orang sangat menyukai makanan cepat saji dimana banyak orang lain justru berusaha untuk tidak sekalipun menyentuh makanan yang kurang sehat tersebut. Beberapa orang lain bahkan sudah benar-benar berhenti untuk tidak menyantap makanan yang terbuat dari daging atau berkaitan dengan produk hewani. Kita bisa menyebut orang-orang tersebut sebagai vegetarian, mereka yang mengkonsumsi sayuran saja sebagai konsumsi sehari-hari. Apakah dengan memakan sayuran saja kita bisa memenuhi kebutuhan gizi harian kita?

doktersehat-sayur-sehat

Beberapa orang memilih sebagai vegetarian demi mendapatkan kesehatan tubuh yang lebih baik. Dengan konsumsi lemak yang cenderung lebih rendah, maka vegetarian tentu akan memiliki resiko yang kecil mendapatkan penyakit berbahaya layaknya kanker, penyakit jantung, hingga diabetes. Kita bisa melihat bahwa para vegetarian juga cenderung memiliki berat badan yang lebih ringan. Sayangnya, banyak vegetarian justru melakukannya dengan memakan asupan sayuran yang kurang ideal sehingga bisa membuat tubuh menjadi kurang gizi.

Banyak sekali sayuran yang bisa menjadi pengganti asupan protein dan kandungan gizi dari daging-dagingan layaknya vitamin D, kalsium, zat besi, atau bahkan omega- 3. Berbagai kandungan inilah yang bisa menjadi sumber energi utama tubuh untuk beraktivitas. Kandungan ini bisa ditemui pada makanan kacang-kacangan layaknya kedelai atau kacang polong. Sayangnya, banyak vegetarian yang berpikir bahwa asalkan sudah mengkonsumsi sayur dan nasi, maka tubuh merekapun bisa tetap dalam kondisi yang baik. Hal ini ternyata bisa berakibat fatal berupa kondisi kurang gizi, kehilangan berat badan secara drastis, hingga kelelahan yang tiada henti. Beberapa orang bahkan bisa mengalami hipotiroid dan anemia karena menjadi vegetarian yang kurang seimbang.

Baca Juga:  Pengertian Dan Penanganan Masturbasi Infantil (Masturbasi pada Anak)

Menjadi vegetarian bukanlah sebab utama mengapa kondisi kurang gizi ini terjadi. Hanya saja, kita tentu harus menjadi vegetarian yang baik dengan memakai pola makan yang sehat. Bacalah banyak buku tentang vegetarian yang bisa memberikan saran kepada anda tentang kombinasi makanan apa yang akan cocok bagi selera makan anda tanpa membuat anda kehilangan asupan gizi yang anda butuhkan untuk kesehatan tubuh dan kegiatan sehari-hari.