Menjadi Vegetarian Berarti Kita Akan Terbebas Dari Masalah Kolesterol?

DokterSehat.Com– Karena gaya hidup yang tidak sehat, kini semakin banyak orang yang terkena masalah kolesterol. Padahal, masalah kolesterol ini bisa menjadi pemicu masalah kesehatan yang lebih serius seperti penyakit jantung atau stroke. Banyak orang yang berpikir jika penyebab dari masalah kolesterol ini adalah pola makan yang masih banyak mengkonsumsi makanan daging-dagingan. Karena alasan inilah banyak orang yang memilih untuk menjadi vegetarian demi mengatasi masalah kolesterol ini.

doktersehat-sayur-sehat-jus

Sebagai informasi, menjadi vegetarian berbeda dengan menjadi vegan karena meskipun pada dasarnya vegetarian mengkonsumsi makanan lebih sehat seperti sayuran atau buah, mereka sebenarnya masih mengkonsumsi beberapa jenis produk hewani seperti keju, susu, atau bahkan kuning telur. Yang menjadi masalah adalah produk-produk hewani ini ternyata masih memiliki kandungan lemak jahat pemicu meningkatnya kadar kolesterol. Tak hanya itu, makanan seperti nasi putih, kentang, hingga kue ternyata memiliki kandungan karbohidrat sederhana yang jika dikonsumsi secara berlebihan, hal ini akan menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh meningkat.

Banyak orang yang berpikir jika asalkan sudah menghindari daging-dagingan, maka mereka tidak akan mendapatkan asupan lemak jenuh. Padahal, cukup banyak makanan dari bahan sayuran yang ternyata juga mengandung lemak jenuh seperti sayuran bersantan. Hal ini berarti, menjadi vegetarian ternyata belum tentu menjamin kita bebas dari masalah kolesterol.

Selain makanan, peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh ternyata juga disebabkan oleh hal lainnya seperti kebiasaan merokok, jenis kelamin, usia, faktor keturunan, hingga mengidap penyakit seperti obesitas atau diabetes.

Melihat adanya fakta ini, mereka yang menjadi vegetarian sebaiknya juga tetap menjaga gaya hidup sehat seperti berolahraga dengan teratur, tidur dengan cukup, hingga memperhatikan asupan karbohidrat dan lemak jenuh demi terbebas dari masalah kolesterol.