Menjadi “Ninja” Saat Mengendari Sepeda Motor Apakah Sudah Cukup Untuk Kesehatan Tubuh?

DokterSehat.Com – Meskipun tidak semua orang melakukannya, kini kita akan sering melihat orang yang mengendari sepeda motor dengan tampilan layaknya seorang ninja. Bagaimana tidak, kita hanya bisa melihat mata dari pengendara sepeda motor dan bahkan mata inipun sudah terlindungi oleh helm. Banyak sekali alasan dari penampilan ninja dari para pengendara sepeda motor ini; dari yang memang ingin menerapkan safety riding, hingga yang paling umum adalah agar kulit tidak gosong terkena sengatan matahari. Pertanyaannya adalah, apakah hal ini berimbas positif bagi kesehatan tubuh?

doktersehat-motor-pria-travel

Banyak kaum wanita yang menutupi hampir semua bagian tubuhnya dengan jaket, sepatu, kaus kaki, celana panjang, sarung tangan, dan bahkan masker saat berkendara dengan alasan menjaga kulitnya tetap putih. Dalam realitanya, sinar matahari yang sangat menyengat di siang hari memang bisa membuat kulit kita menjadi lebih gelap dan penampilan kita pun bisa berkurang. Tak hanya itu, sengatan sinar matahari juga bisa meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Alhasil, penampilan layaknya ninja ini memang bisa mendukung kesehatan, khususnya dalam hal kesehatan kulit dan kecantikan.

Dibalik helm, pengendara sepeda motor juga memakai masker baik itu masker bedah berwarna hijau atau masker kain. Alasan penggunaan masker ini cukup baik yakni agar mereka tidak terkena paparan polusi udara dan juga emisi gas buang kendaraan. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan jika masker-masker tersebut kurang efektif mengatasi polusi udara karena partikel polusi udara jauh lebih kecil dan bisa menembus masker-masker tersebut. Meskipun bertujuan baik, ada baiknya pengendara sepeda motor menggantinya dengan masker yang jauh lebih berkualitas.

Kini, helm pengendara sepeda motor banyak yang sudah dilapisi lapisan kaca yang lebih gelap. Andaipun tidak, banyak pengendara yang juga memakai kacamata hitam di siang hari. Pakar kesehatan menyebutkan hal ini sebagai cara yang bijak agar mata tidak mudah lelah karena harus melihat silaunya jalan yang terkena cahaya matahari setiap hari.