Menjadi Komuter Jarak Jauh Ternyata Memiliki Resiko Terkena Masalah Kesehatan

DokterSehat.Com – Semakin banyak orang yang mengadu nasib di kota besar untuk bisa mendapatkan penghidupan yang layak. Sayangnya, banyak dari mereka yang harus rela melakukan perjalanan jauh dari dan menuju tempat kerja setiap harinya karena jarak rumah yang sangat jauh. Kita bisa melihat fenomena ini di kota-kota besar layaknya Jakarta dimana banyak sekali pekerja yang harus rela melakukan perjalanan jauh dari kota-kota sekitar setiap harinya. Tak hanya menghabiskan waktu dan tenaga, melakukan perjalanan sebagai komuter jarak jauh setiap hari ternyata bisa memberikan dampak kesehatan negatif.

doktersehat-pekerja-komuter-resiko-terkena-masalah-kesehatan

Royal Society of Public Health atau RSPH menyebutkan jika tanpa disadari, waktu yang terkuras habis untuk melakukan perjalanan dari dan menuju tempat kerja akan membuat seseorang kekurangan waktu untuk bersantai atau bahkan bersosialisasi. Alhasil, hal ini akan berimbas buruk pada kesehatan psikologisnya.

RSPH melakukan penelitian pada 1.500 komuter yang melakukan perjalanan jauh hampir setiap hari. Dari data survei para komuter tersebut, diketahui bahwa 41 persen dari mereka memiliki waktu berolahraga yang sangat minim. Bahkan, sepertiga dari para komuter ini menyukai makanan ringan dan cenderung mengalami masalah kurang tidur. Tak hanya itu, mereka juga cenderung lebih sering terkena stres mengingat sedikitnya waktu untuk bersantai dan juga bersenang-senang. Padahal, stres yang menumpuk tentu akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan fisik.

Pakar kesehatan David Ogilivie dari UKCRC Center for Diet & Activity Research menyebutkan jika memang akan sulit memindahkan para komuter ini agar lebih dekat dengan tempat kerja mengingat harga rumah di kota cenderung jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan rumah di area pinggiran atau pedesaan. Namun, ada baiknya para komuter harus lebih baik dalam menjaga gaya hidupnya, khususnya dalam hal memilih makanan dan juga menjaga waktu tidur tetap berkualitas. Di akhir pekan, berikanlah waktu luang untuk melakukan hobi atau refreshing agar stres tidak menumpuk. Tak hanya itu, sempatkanlah waktu untuk berolahraga agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.