Menjadi Gamer Ternyata Ada Manfaat Kesehatannya, Lho

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir bahwa bermain game dalam waktu yang lama bisa merusak kesehatan. Tak hanya membuat waktu tidur kita berkurang, kebiasaan bermain game juga akan membuat kita duduk dan tidak bergerak dalam waktu yang sangat lama. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta sebaliknya dimana bermain game ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan. Apa sajakah manfaat kesehatan tersebut?

doktersehat-bermain-game-gamer

Meningkatkan penglihatan
Fakta ini cukup mengejutkan banyak orang mengingat banyak orang yang mengkhawatirkan penurunan penglihatan jika terlalu sering bermain game dalam waktu yang lama. Dalam penelitian ini, diketahui bahwa bermain game bisa membuat penglihatan para penderita katarak menjadi lebih baik. Dengan bermain game, mata akan lebih terlatih untuk melihat sesuatu yang detail sehingga penglihatan pun bisa menjadi lebih tajam.

Menghilangkan stress
Fungsi utama dari bermain game adalah untuk menghilangkan stress. Menurut pakar kesehatan, di dalam game, kita bisa melampiaskan berbagai emosi negatif dengan efektif. Kita bahkan bisa mendapatkan kepuasan batin andai memenangi sesuatu dari permainan tersebut sehingga memunculkan perasaan lega dan lebih tenang.

Meningkatkan kemampuan motorik
Dengan bermain game, anak-anak ternyata bisa lebih baik dalam meningkatkan kemampuan motoriknya. hal ini dikarenakan saat bermain game, anak bisa belajar mengendalikan berbagai objek dalam game dengan teliti.

Meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah
Di dalam game, terkadang kita dituntut untuk mengingat banyak hal, memperhatikan begitu banyak detail, dan diminta untuk menyelesaikan berbagai tugas dengan cepat. Hal ini ternyata bisa membuat otak semakin terasah sehingga meningkatkan kemampuan problem solving atau penyelesaian masalah.

Bisa menjadi terapi bagi anak penderita penyakit kronis
Anak-anak yang menderita Parkinson, depresi, hingga autisme parah bisa memainkan beberapa game tertentu sebagai salah satu cara mengekspresikan emosi positif sehingga mereka pun lebih bersemangat untuk melawan penyakit-penyakit tersebut.