Meniup Lilin di Atas Kue Ulang Tahun Ternyata Bisa Menyebarkan Bakteri

DokterSehat.Com– Salah satu hal yang pasti dilakukan saat merayakan pesta ulang tahun adalah meniup lilin yang ditempatkan di atas kue ulang tahun. Meskipun terlihat sebagai hal yang menyenangkan untuk dilakukan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan meniup lilin di atas kue ulang tahun ini ternyata beresiko menyebarkan berbagai macam bakteri dari mulut pada permukaan kue. Padahal, kue ini akan dimakan banyak orang, bukan?



Fakta tentang penyebaran bakteri saat meniup lilin kue ulang tahun ini berasal dari sebuah penelitian yang dilakukan di Clemson University, South Carolina, Amerika Serikat. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa sesi meniup lilin, apalagi yang dilakukan oleh banyak orang, akan menyebabkan begitu banyak perpindahan bakteri dari mulut pada kue tersebut. Bahkan, disebut-sebut bahwa jumlah bakteri pada permukaan kue ini bisa bertambah hingga 1.400 persen, apalagi jika lilin sulit untuk dipadamkan sehingga harus ditiup berkali-kali.

Dr. Paul Dawson, salah seorang peneliti yang terlibat, menyebutkan bahwa ide dari penelitian ini muncul saat melihat anaknya berulang tahun. Ia pun kemudian mengecek seberapa banyak bakteri yang berpindah dari sesi tiup lilin ini dengan memakai media frosting berupa sepotong foil. Di atas foil ini ditempatkanlah sebuah lilin yang kemudian ditiup oleh orang yang baru saja makan atau melakukan aktifitas lain yang membuat kelenjar ludahnya sudah bekerja atau bakteri di dalam mulut sudah aktif.

Setelah lilin ditiup, dr. Dawson dan timnya pun mengecek sebarapa banyak bakteri pada media frosting tersebut, termasuk memperhatikan perkembangannya. Hasilnya adalah, perpindahan bakteri pada permukaan kue memang sangat banyak.

Meskipun terlihat sebagai hal yang berbahaya karena bisa menyebarkan berbagai macam bakteri, termasuk bakteri penyebar penyakit, dr. Dawson menyebutkan bahwa kita juga tidak perlu khawatir secara berlebihan dengan hal ini. Asalkan sistem kekebalan tubuh kita berada dalam kondisi yang baik, kita bisa dengan tenang menyantap kue ulang tahun tanpa khawatir akan terkena penyakit.