Meniscus Injury – Cedera Meniskus

blake griffin



Blake Griffin harus absen membela tim USA di Olimpiade London 2012 karena cedera meniskus

Cedera meniskus merupakan cedera yang sering terjadi pada olahraga yang melibatkan gerakan berputar dan squat seperti pada bolabasket, sepak bola atau bulu tangkis.
Mekanisme cedera meniskus adalah akibat gerakan berputar dari sendi lutut dan juga akibat gerakan squat atau fleksi (menekuknya) sendi lutut yang berlebihan.

ANATOMI MENISKUS :


meniscus

Meniskus merupakan bantalan fibrokatilago yang melekat pada medial (sisi dalam) dan lateral (sisi luar) tibial plateu. Meniskus ini menutupi 50% dari tibial ptateu. Meniskus lateral menutupi lebih banyak permukaan tibial plateu lebih banyak dibanding meniskus medial sehingga terjadi kontak langsung yang lebih banyak antara femur dan tibia pada kompartemen medial. Meniskus ini berfungsi untuk memperlebar dan memperdalam permukaan kontak antara femur dan tibia, hal ini menyebabkan berkurangnya stess atau tekanan pada kartilago artikuler.

 

VASKULARISASI MENISKUS :
1/3 bagian perifer (bagian luar) meniskus mempunyai vaskularisasi yang baik dari kapiler-kapiler kapsul fibrosus dan membran synovial. Sedangkan bagian dalam merupakan area avaskuler (tidak ada pembuluh darah). Oleh karena itu bila terjadi tear pada bagian perifer, akan sembuh dengan baik dan tear pada bagian dalam akan sulit sembuh.

 

FUNGSI MENISKUS :meniscus 2
– Meniskus berfungsi untuk memperlebar dan memperdalam permukaan kontak antara femur dan tibia, hal ini menyebabkan berkurangnya stess atau tekanan pada kartilago artikuler.
– Meniskus akan mendistribusikan beban yang di terima oleh sendi lutut.
– Meniskus juga berfungsi untuk menjaga stabilitas sendi dan fungsi lubrikasi menghasilkan cairan sendi.

meniscus 3

GEJALA DAN DIAGNOSIS CEDERA MENISKUS :
– Terdapat pembengkakan terutama pada bagian lutut
– Nyeri di sepanjang garis sendi lutut
– Lutut terasa seperti terkunci
Diagnosis cedera meniskus ditegakkan dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan MRI dapat digunakan untuk membantu dalam penegakan diagnosis

Baca Juga:  Mitos Tentang Semut Jepang Sebagai Obat Diabetes

PENATALAKSANAAN CEDERA MENISKUS :
Terdapat 3 macam pilihan ketika seorang atlet cedera meniskus :
1. Rehabilitasi non-operatif
2. Pembedahan dengan cara membersihkan atau menghilangkan meniskus yang robek
3. Pembedahan dengan cara menjahit meniskus yang robek.
Pemilihan dalam penatalaksanaan cedera meniskus berdasarkan dari berat ringannya cedera dan lokasi robekan meniskus, serta usia dan jenis aktivitasnya.

KOMPLIKASI CEDERA MENISKUS :
Cedera meniskus yang tidak tertangani dengan baik akan mengakibatkan kerusakan kartilago di tulang tibia, tulang femur dan pada patella mengalami kerusakan akibat gesekan dan beban yang berlebih yang akan mengakibatkan risiko terjadinya osteoartritis.

KAPAN DAPAT KEMBALI BERMAIN SETELAH CEDERA MENISKUS ?
Pada cedera meniskus ringan dengan rehabilitasi tanpa operasi memerlukan waktu penyembuhan sekitar 3-4 minggu. Sedangkan bila diperlukan operasi pembersihan meniskus yang robek, memerlukan waktu penyembuhan sekitar 6-8 minggu. Dan apabila terjadi cedera berat pada meniskus dan diperlukan operasi maka waktu penyembuahan sekitar 3-4 bulan.

Daftar Pustaka
Englund M, Guermazi A, Lohmander SL. The role of the meniscus in knee osteoarthritis: a cause or consequence? Radiol Clin North Am. 2009 Jul;47(4):703-12
Everyday Sports Injury, Diagnosis Tretament and Prevention. Dorling Kindersley Ltd. 2010
Netter’s Sports Medicine. Saunders Elsevier. 2010

Ditulis oleh Dr. Andi Kurniawan

Dr Andi Kurniawan memutuskan untuk memilih Spesialis Kedokteran Olahraga sebagai karirnya karena cintanya kepada dunia olahraga. Ia memulai karirnya sebagai Dokter Tim basket Satria Muda BritAma yang merupakan tim basket terbaik di Indonesia dan pernah memenangkan juara liga nasional delapan kali.