Ikut Lomba Marathon, Pria Ini Meninggal

efek-samping-lari-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Seorang pria berusia 50 tahunan meninggal dunia tatkala mengikuti Belfast Marathon di Irlandia Utara, 7 Mei 2018 lalu. Pria ini meninggal pada pukul 09.55 waktu setempat di fase-fase awal perlombaan, tepatnya setelah berlari sekitar 5 mil.

Dilansir dari BBC, pihak penyelenggara langsung melarikan sang pria ke Royal Victoria Hospital saat menemukannya terjatuh dan kehilangan kesadaran. Sayangnya, nyawa sang pria tak lagi mampu diselamatkan.

Pria yang sengaja tidak dipublikasikan namanya demi memenuhi permintaan privasi keluarga ini sebenarnya sudah terbiasa melakukan olahraga lari. Namun, ajang ini adalah yang pertama kalinya Ia menjalani lomba lari marathon.

Kasus kematian ini adalah yang pertama kali terjadi di Belfast Marathon sejak 30 tahun lalu. Pihak penyelenggara pun mengungkapkan rasa duka yang mendalam pada pihak keluarga yang ditinggalkan.

Sebelumnya, seorang pria berrnama Matt Campbell juga kehilangan kesadaran saat menjalani London Marathon pada April 2018 lalu. Meski sudah dilarikan ke rumah sakit, nyawa Matt tak lagi bisa ditolong. Saat itu, Ia sudah berlari sejauh 22,5 mil demi menggalang dana sebesar 2.500 Poundsterling untuk Yayasan Brathay Trust.

Kematian Matt ternyata menginspirasi ratusan orang untuk kembali ke jalur London Marathon dan menyelesaikan 3,7 mil sisa jarak yang tidak bisa diselesaikan oleh Matt. Orang-orang ini memakai pakaian dengan tagar #FinishforMatt dan berlari hingga ke garis finish.

Selain itu, mereka juga berhasil melakukan penggalangan dana sebagaimana yang Matt lakukan. Tak tanggung-tanggung, dana yang terkumpul bahkan mencapai lebih dari 350.000 Poundsterling!

Para pelari ini berharap dana ini bisa menolong banyak orang sebagaimana yang Matt ingin wujudkan tatkala mengikuti London Marathon.