Menilik Kualitas Sperma Pria

DokterSehat.com – Kualitas sperma yang baik menjadi salah satu faktor keberhasilan Anda mendapat keturunan. Karena itu, diperlukan penerapan pola hidup sehat guna meningkatkan kualitas sperma Anda. Kondisi kesehatan serta asupan nutrisi dari makanan juga dapat mempengaruhi kualitas sperma. Sperma juga membutuhkan zat gizi dari makanan supaya tetap sehat.



Penelitian yang dilakukan oleh dr. Jorge Chavarro, seorang asisten profesor dari Harvard School of Public Health, menemukan bahwa lemak trans yang dikonsumsi dapat berkaitan langsung dengan konsentrasi sperma.

Sebagaimana yang dilansir dalam jurnal kesehatan Fertility and Sterility diketahui bahwa makin tinggi asupan lemak trans maka makin rendah pula konsentrasi sperma pria tersebut.

Lemak trans banyak ditemukan pada makanan siap saji. Karena itu, sebaiknya hindari makanan siap saji demi menjaga konsentrasi sperma Anda.

Selain itu, kesuburan sperma pria juga bisa diindikasi dari pergerakan sperma dalam membuahi sel telur. Peneliti lain dari Harvard School of Public Health, Audrey Gaskins juga mengaitkan asupan makanan dengan pergerakan sperma.

Chavarro menyatakan bahwa pola makan sehat yang kaya asupan ikan, sayuran, buah-buahan segar, gandum utuh, dan kacang-kacangan terbukti mampu meningkatkan gerakan sperma.

Sementara western diet yang mengandung karbohidrat refinasi, banyak daging merah, manisan, dan minuman energi memiliki efek buruk terhadap pergerakan sperma.

Selain konsentrasi dan pergerakkan sperma, kesuburan sperma bisa dilihat dari bentuk atau morfologi sperma.

Dr. Spence Pentland, seorang Fellow of the American Board of Oriental Reproductive Medicine dalam situs pribadinya menjelaskan bahwa makanan yang kaya akan anti oksidan mampu mencegah kerusakan sperma akibat radikal bebas.