Menikmati Kopi Dengan Sehat dan Cerdas

DokterSehat.Com – Indonesia adalah salah satu negara dimana warganya memiliki minat yang sangat tinggi dengan kopi. Disamping karena negara kita memiliki banyak varian kopi berkualitas yang bisa menyediakan minuman kopi yang sangat nikmat, kopi juga telah menjadi salah satu minuman yang tersedia di berbagai tempat, dari itu warung-warung kopi di pedesaan hingga kafe-kafe di perkotaan. Kopi sendiri dianggap sebagai teman mengobrol hingga minuman yang bisa membuat kita bekerja dengan lebih baik. Namun, konsumsi kopi juga harus dilakukan dengan cara yang sehat dan cerdas agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Berikut adalah cara agar kita menjadi penikmat kopi yang cerdas dan sehat.

doktersehat-kopi-demensia

Pakar kesehatan menyebutkan jika kita sebaiknya tidak meminum kopi sebelum jam 10 pagi. Banyak orang yang berpikir jika minum kopi di pagi hari akan membuat kita menjadi lebih awas dan bersemangat. Padahal, tubuh kita secara otomatis mengeluarkan hormon kortisol yang membuat kita terjaga pada jam 8-9 pagi, jam 12-13 siang, dan menjelang matahari terbenam. Jika kita meminum kopi di pagi hari, maka efek kopi pun tidak menjadi maksimal. Dengan mengkonsumsi kopi di kala hormon kortisol menurun, maka kita pun akan membuat efek kopi menjadi lebih maksimal.

Banyak orang yang berpikir jika kita mengantuk di siang hari, maka kita bisa mengkomsumsi kopi untuk mencegah kita tertidur. Padahal, hal ini akan menjadi hal yang percuma saja. Ada baiknya kita mengkonsumsi kopi namun tetap melakukan tidur siang setidaknya 20 menit saja. Setelah terbangun, efek kafein dari kopi yang biasanya akan muncul 30 menit setelah kita minum akan membuat kita lebih terjaga.

Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk membatasi asupan kopi hanya dua cangkir kopi setiap harinya. Jika lebih dari takaran tersebut, kita justru beresiko mengalami insomnia, jantung yang berdebar-debar, hingga sakit pada perut. Selain itu, ada baiknya kita mengkonsumsi susu yang tidak tercampur berbagai bahan lainnya yang kaya lemak dan kalori layaknya krim, susu, hingga gula untuk mendapatkan manfaat terbaik dari kopi.