Menikmati Kopi Dengan Cara Yang Sehat

DokterSehat.Com – Masyarakat Indonesia termasuk dalam orang-orang yang cenderung menikmati minuman kopi. Dunia internasional juga sudah mengakui nikmatnya berbagai varian kopi dari tanah air. Sayangnya, meskipun kerap dianggap sebagai minuman yang menyehatkan tubuh, beberapa cara menikmati kopi yang tidak benar ternyata juga bisa membuat kesehatan tubuh bermasalah. Lantas, apakah ada cara untuk menikmati kopi dengan cara yang sehat?

doktersehat-kopi-demensia

Pakar kesehatan mengungkapkan jika kopi pada dasarnya memang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Yang menjadi masalah adalah, cara kita meminum atau menyajikan kopi yang tidak benar. Coba kita bertanya ke diri kita sendiri apakah kita menikmati kopi yang sudah dicampur dengan susu, krim, atau bahkan gula setiap hari? Adanya bahan tambahan inilah yang bisa membuat kandungan lemak dan kalori kopi meningkat drastis yang tentu akan kurang baik bagi kesehatan tubuh. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika kopi secara alami bisa menurunkan kematian yang disebabkan oleh serangan jantung, stroke, diabetes, atau bahkan berbagai penyakit pada saraf. Kopi yang dinikmati tentulah adalah kopi hitam yang alami tanpa adanya tambahan-tambahan di atas. Andai anda kurang bisa menikmati kopi hitam, cobalah untuk menambahkan bubuk kacang, kayu manis, almond, atau susu nabati yang dijamin lebih sehat.

Meminum kopi di pagi hari dianggap sebagai trik terbaik menjaga tubuh kita bugar seharian. Anggapan ini ternyata salah besar. Secara alami, ritme sirkadian tubuh yang mengendalikan hormon kortisol yang bisa membuat kita terjaga dan fit sudah berada dalam siklusnya sendiri dimana puncak peredaran hormon ini ada pada pukul 8-9 pagi, jam makan siang atau 12-13 siang, dan juga menjelang matahari tenggelam, jam 17-18. Jika kita meminum kopi terlalu pagi atau sebelum jam 10, maka kita justru akan mengacaukan siklus ini dan bisa memicu rasa lesu seharian.

Baca Juga:  Kurang Waktu Tidur Bisa Membuat Tubuh Terserang Pilek

Jika kita mengantuk seharian, jangan hanya mengandalkan kopi dan berharap kita langsung terjaga. Setelah meminum kopi, cobalah sempatkan untuk tidur siang meskipun sebentar karena anda akan memberikan waktu 20-30 menit bagi kafein untuk membuat anda lebih segar dan terjaga kemudian. Hanya saja, harap diingat bahwa konsumsi kopi dalam sehari sebaiknya tidak melebihi 400 mg kafein atau setara dengan dua cangkir saja. Jika kita meminumnya secara berlebihan, bisa jadi kita malah mengalami jantung berdebar, insomnia, hingga gangguan perut.