Menikah di Kampung Ini, Siap-Siap Malam Pertama Ditemani Mertua

DokterSehat.Com– Terdapat sebuah tradisi yang sangat unik di Indonesia, tepatnya di Kampung Al Munawar yang ada di Palembang, Sumatera Selatan. Kampung yang berisi suku Al Munawar yang merupakan keturunan Arab, memiliki sebuah tradisi pernikahan yang berbeda dari yang biasanya terjadi di tempat lain di Indonesia.

doktersehat-pasangan-seks

Jika kebanyakan pasangan akan ditempatkan di tempat yang sama saat melakukan akad pernikahan, di kampung ini pengantin wanita justru sama sekali tidak boleh bertemu dengan calon suaminya sehingga harus dipisah. Akad pernikahan hanya dihadiri oleh orang tua dari pihak laki-laki dan wanita. Bahkan, semua saksi nikah haruslah laki-laki dan tidak ada satupun wanita yang diperbolehkan memasuki acara hingga prosesi akad usai. Selain itu, mas kawin yang digunakan pada acara pernikahan juga hanya mas kawin dan uang, tidak boleh berupa seperangkat alat solat.

Setelah proses akad usai, kedua mempelai akan diarak mengelilingi kampung sembari mengenakan pakaian khas budaya arab dan diiringi dengan musik marawis. Hingga malam tiba, sebuah tradisi yang sangat tidak biasa pun dilakukan oleh pihak keluarga yang menikah.

Biasanya, pasangan yang sudah melakukan prosesi akad akan diperbolehkan untuk tinggal di kamar atau rumah yang sama untuk menikmati malam pertamanya. Namun, khusus untuk malam pertama ini, pasangan ini harus tidur ditemani dengan anggota keluarga dari pihak wanita. Tradisi ini bahkan bisa berlangsung hingga dua atau tiga hari.

Banyak pasangan yang mengaku kikuk dengan hal ini, namun, karena merupakan sebuah tradisi, maka hal ini tentu akan tetap dilaksanakan.