Menikah Bisa Membuat Kesehatan Mental Pria Semakin Membaik

DokterSehat.Com – Anda sudah menikah atau dalam waktu dekat ini merencanakan melangsungkan pernikahan? Pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika menikah ternyata bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan pria, khususnya dalam hal kesehatan mentalnya. Penelitian yang dilakukan di Ohio State University ini menunjukkan fakta jika pria yang memiliki pasangan akan cenderung jauh lebih sehat secara mental jika dibandingkan dengan mereka yang belum menikah. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-pasangan-tidur-couple-seks

Penelitian ini sendiri dilakukan dengan mempelajari data pria Amerika yang terlahir pada tahun 1980 hingga 1984 dan menganalisa apakah kehidupan pernikahan bisa memberikan efek bagi kesehatan mental pria. Hasilnya adalah, pria yang sudah menikah ternyata cenderung memiliki penurunan tekanan emosional dengan signifikan setelah menikah. Uniknya, beberapa pasangan yang meskipun sudah tinggal bersama dengan pasangannya namun belum menikah, tidak ikut mengalami penurunan tekanan emosional.

Pakar kesehatan berkata jika pria yang menikah akan cenderung melihat pernikahan sebagai sebuah bentuk kepercayaan dan membuat mereka memilih untuk menikmati alurnya begitu saja. Hal ini sangat berbeda dengan pria yang meskipun sudah tinggal bersama dalam waktu yang lama dengan pasangannya namun belum menikah, yang cenderung masih sering berprasangka negatif dengan pasangannya. Bahkan, dalam banyak kasus, pria yang belum menikah bisa saja mengalami penurunan komitmen pada pasangannya dan melakukan agresi fisik, bahkan andaipun Ia dan pasangannya sudah menjalani hubungan ini selama bertahun-tahun lamanya.

Sayangnya, kecenderungan semakin membaiknya kesehatan mental pria setelah menikah ini hanya berlaku jika hubungan sang pria dan pasangan termasuk solid dan saling memberikan kepercayaan. Bagi beberapa pria yang tidak memiliki hubungan yang solid dengan pasangannya, pernikahan justru bisa menjadi kondisi yang sangat tidak nyaman dan membuatnya sering emosi dan justru tidak bahagia.