Mengusir Rasa Ngantuk Di Pagi Hari Tanpa Minum Kopi

DokterSehat.Com – Anda punya kebiasaan minum kopi di pagi hari? Kalau dilakukan sesekali sih tak apa-apa. Tapi kalau sudah ketergantungan bahkan sampai kecanduan, wah Anda perlu lebih berhati-hati lagi. Untuk bisa terjaga dan tak mengantuk di pagi hari, kita tak harus selalu menggantungkan diri pada kopi kok.

14

Ada beberapa cara sehat yang bisa Anda coba untuk mengusir kantuk tanpa kopi di pagi hari. Bahkan cara-cara ini pun bisa sekaligus mengenyahkan bad mood atau suasana hati buruk Anda di pagi hari :

  • Berjemuh dibawah sinar matahari pagi
    Berjemur di bawah sinar matahari pagi adalah solusi termudah menghilangkan rasa ngantuk. Hal ini dikarenakan sinar matahari pada waktu tersebut dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh serta membantu pikiran menjadi lebih mudah untuk konsentrasi. Selain itu, sinar matahari pagi antara waktu terbitnya matahari hingga pukul 9 pagi terbukti memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Diantaranya adalah kaya akan vitamin D yang berfungsi membantu pembentukan tulang dan gigi.

    Bagi kita yang menginginkan menyongsong pagi bukan hanya tanpa ngantuk, tapi juga bugar, kita bisa membiasakan untuk bangun lebih pagi. Bangun lebih pagi terbukti memiliki dampak positif bagi tubuh. Tubuh terasa lebih bugar dan porsi tidur menjadi lebih seimbang.

  • Minumlah segelas air putih
    Solusi ini bisa dikatakan solusi termudah dalam mengusir rasa ngantuk di pagi hari. Tidur yang kita lakukan dalam semalaman atau sekitar delapan jam ternyata cukup menguras cairan dalam tubuh. Cairan dalam tubuh menjadi berkurang secara drastis. Karenanya kita sering merasa haus ketika bangun tidur. Dr. OZ lebih menganjurkan kita untuk meminum air putih dari pada minuman lainnya seperti kopi. Bisa dengan air putih dingin atau pun hangat, namun air putih dingin lebih baik dari yang hangat.
  • Lakukan gerak tubuh atau olahraga ringan
    Begitu bangun tidur, tubuh kita kadang terasa penat dan kurang bertenaga. Hal ini biasa karena ketika kita bangun tidur, peredaran darah belum 100 persen lancar, pemompaan darah keseluruh tubuh masih belum mengalir dengan lancar setelah semalaman tubuh dalam keadaan tidak bergerak. Lakukan gerak badan ringan agar hormon endorfin meningkat dan memperlancar sirkulasi darah sehingga tubuh menjadi lebih nyaman.

    Thomas G. Plante, seorang Psikolog dari Santa Clara University mengungkap bahwa olahraga lebih efektif untuk menghilangkan rasa penat tubuh dari pada minum segelas kopi espresso.

  • Mendengarkan music
    Musik bisa mengalihkan perhatian Anda dari rasa sakit dan pusing. Selain itu, mendengarkan musik juga bisa meningkatkan mood, meningkatkan ketahanan tubuh, dan melancarkan efisiensi metabolisme tubuh. Jika di pagi hari Anda merasa mengantuk dan malas untuk mulai beraktivitas, cobalah untuk mendengarkan musik favorit Anda. Lalu gerakkan tubuh Anda sesuai dengan iramanya, maka kantuk pun bisa langsung diusir jauh-jauh.