Mengurangi Risiko Terjadinya Kanker Payudara

DokterSehat.Com – Kanker payudara merupakan salah satu kanker yang menjadi momok bagi begitu banyak wanita, meskipun bisa diderita oleh pria, wanita jauh lebih berisiko terkena kanker payudara. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh seorang wanita untuk mengurangi risiko terjadinya kanker payudara :

doktersehat-kanker-payudara

  1. Menyusui bayi / memberikan ASI eksklusif akan menurunkan risiko terjadinya kanker payudara.
  2. Lakukanlah pemeriksaan payudara secara teratur baik oleh diri sendiri ataupun berkonsultasi dengan dokter. Hal ini berguna untuk mendeteksi adanya benjolan atau kelainan secara dini, kanker yang ditemukan lebih dini pada stadium yang lebih awal akan memiliki harapan yang jauh lebih baik untuk semnbuh. Pemeriksaan teratur oleh diri sendiri dapat dilakukan minimal 1 kali dalam 1 bulan, dan jika ada kelainan yang dirasakan segereralah ke dokter, pemeriksaan rutin di dokter dapat dilakukan satu kali dalam satu tahun.
  3. Konsumsi buah dan sayuran. Sayuran dan buah memiliki begitu banyak antioksidan yang berguna untuk pencegahan terhadap kanker.
  4. Batasilah konsumsi lemak jenuh seperti yang terdapat pada daging, mentega, gorengan, sebaliknya perbanyaklah lemak tak jenuh yang terdapat pada ikan salmon, tuna.
  5. Berbagai penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa olahraga yang teratur dapat membantu seorang wanita terhindar dari kanker payudara. Olahraga yang dilakukan minimal berupa 30 menit aktivitas berjalan, aerobik, berenang, minimal lakukan hal ini 5 kali dalam seminggu.
  6. Hindarilah konsumsi minuman minuman yang mengandung alkohol, alkohol diduga merupakan salah satu pencetus terjadinya kanker payudara pada wanita
  7. Janganlah merokok, karena pada rokok terdapat begitu banyak zat yang dapat mencetuskan terjadinya kanker, salah satunya kanker payudara pada wanita yang merokok.
  8. Milikilah anak pertama sebelum usia 30 tahun, menurut penelitian yang dilakukan, wanita yang memilki anak lebih dari usia tersebut lebih rentan terkena kanker payudara.
  9. Pertahankanlah berat badan ideal, seorang wanita dengan berat badan yang berlebih memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kanker payudara.