Mengupil Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan Anak

DokterSehat.Com– Bukanlah hal yang mengherankan jika kita menemukan anak, khususnya yang berusia balita, mengupil atau bahkan memakan upil yang baru saja Ia keluarkan dari hidung. Mengupil sendiri adalah hal yang normal karena kita memang terkadang merasa gatal atau tidak nyaman dengan adanya kotoran yang ada pada hidung. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, mengupil ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan anak, khususnya dalam hal menyebabkan infeksi kulit atau pendarahan pada lubang hidung. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-anak-kecil-ngupil-mengupil-berbahaya

Pakar kesehatan Mike Dickinson yang berasal dari Miramichi Regional Hospital di Amerika Serikat menyebutkan jika anak yang terbiasa mengupil, meskipun cara mengupil mereka tidak kasar, ternyata akan meningkatkan resiko pendarahan pada lubang hidungnya. Hal ini disebabkan oleh begitu sensitifnya pembuluh darah yang ada di sekitar lubang hidung sehingga mudah terluka dan mengeluarkan darah andai terkena tekanan saat anak mengorek hidungnya. Jika lubang hidung terus terkena gesekan jari saat mengupil dan mengenai luka, dikhawatirkan hal ini akan bisa menyebabkan masuknya bakteri dan memicu infeksi. Dalam dunia medis sendiri, telah ada banyak kasus dimana anak terkena infeksi bakteri kulit bernama impetigo yang disebabkan oleh kebiasaan mengupil ini.

Saat impetigo ini muncul, maka lubang hidung anak akan mengalami infeksi dan mengeluarkan cairan nanah atau berkerak. Kondisi ini tentu saja tidak boleh disepelekan begitu saja dan harus segera diperiksakan pada dokter untuk mendapatkan antibiotik atau obat-obatan lainnya.

Mengapa anak memiliki resiko tinggi terkena impetigo hanya karena kebiasaan mengupil? Mike menyebutkan jika hal ini disebabkan oleh kecenderungan anak untuk sangat aktif, bermain di berbagai tempat, serta menyentuh berbagai benda atau teman-temannya sehingga tangannya tentu kotor dan penuh dengan kuman. Selain itu, sistem kekebalan tubuh anak juga tidak sebaik orang dewasa sehingga masih belum benar-benar mampu melawan berbagai bakteri penyebab penyakit. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita bisa memberikan pemahaman pada anak agar mereka tidak terbiasa untuk mengupil karena hal ini bisa berbahaya bagi kesehatannya.