Mengunyah Permen Karet Baik Bagi Kesehatan

Beberapa orang tua melarang anaknya untuk mengunyah permen karet karena takut jika anak akhirnya menelan permen karet ini. Sebenarnya, jika orang tua bisa memberitahu anaknya bahwa permen karet tidak boleh ditelan dan segera dibuang jika sudah tak terasa, maka permen karet tidak akan tertelan. Tahukah anda, jika kita sering mengunyah permen karet ternyata bisa memberikan dampak kesehatan bagi tubuh, khususnya jika permen karet yang kita kunyah tidak mengandung gula atau memiliki kandungan gula lebih rendah dari 5 kalori.

doktersehat-permen-karet-gum

Pakar kesehatan berkata jika permen karet akan sangat baik bagi kesehatan gigi dan mulut. Hanya saja, kita tidak boleh membayangkan permen karet sebagai pengganti sikat gigi yang baik hanya karena ada permen karet yang mengandung xylitol yang diklaim mampu menjaga kesehatan gigi. Jika kita mengunyah permen karet setidaknya 20 hingga 30 menit setelah mengkonsumsi makanan, maka produksi air liur pun akan meningkat dan membuat banyak bakteri dibersihkan dari gigi. Berkurangnya bakteri berarti zat asam yang diproduksi oleh bakteri dan bisa merusak gigi pun akan semakin berkurang. Permen karet dangan kandungan xylitol sendiri diyakini mampu menekan pertumbuhan lubang-lubang berukuran kecil pada gigi.

Mengunyah permen karet ternyata juga bisa mengurangi berat badan secara signifikan. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rajin mengunyah permen karet akan mengkonsumsi makanan yang cenderung memiliki kalori sedikit saja. Nafsu makan para pengunyah permen karet pun cenderung bisa dikendalikan sehingga kita tidak akan mudah lapar dan mencari camilan sehingga bisa mengurangi berat badan.

Banyak pakar kesehatan yang berkata jika mengunyah permen karet bisa membuat kinerja otak menjadi lebih baik, khususnya untuk area kognitif dan perbaikan daya ingat. Hanya saja, hal ini masih menjadi perdebatan banyak pihak dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Satu hal yang pasti, sebagaimana jika kita mengkonsumsi permen, mengkonsumsi permen karet secara berlebihan juga akan kurang baik bagi kesehatan gigi dan mulut. Kunyahlah permen karet seperlunya saja layaknya setelah makan dengan permen karet yang mengandung xylitol sehingga kondisi gigi dan mulut pun terjaga.