Mengunyah Bawang Putih Mentah Bisa Menyembuhkan Batuk?

DokterSehat.Com– Terdapat sebuah mitos yang dipercaya oleh masyarakat tanah air dimana saat batuk, kita hanya perlu mengunyah bawang putih mentah untuk mengatasinya. Apakah bahan alami ini memang manjur untuk mengatasi batuk?

doktersehat-manfaat-bawang-putih

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tak hanya bisa menjadi penyedap makanan, bawang putih mentah memang bisa dijadikan obat herbal mengingat adanya kandungan seperti allicin, mineral, vitamin, dan asam amino yang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan layaknya infeksi, peradangan, pilek, dan gangguan pencernaan. Lantas, apakah memang bawang putih juga bisa mengatasi batuk?

Batuk adalah refleks natural yang dilakukan oleh sistem kekebalan tubuh yang muncul jika tenggorokan kita mengalami iritasi yang disebabkan oleh virus, bakteri, alergi, atau adanya zat asing layaknya lendir dan debu. Adanya berbagai hal ini membuat paru-paru pun segera mengeluarkan udara dengan tekanan yang tinggi dan memicu batuk.

Senyawa allicin yang ada dalam bawang putih memang bersifat antivirus, antimikroba, serta antijamur yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Sayangnya, mengunyah bawang putih ini tidak akan menyembuhkan batuk, baik itu yang disebabkan oleh virus, bakteri, ataupun karena reaksi alergi. Bawang putih hanyalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mencegah dan meredakan gejala penyakit flu. Memang, batuk kerap kali mengikuti flu, namun, bawang putih tidak benar-benar bermanfaat untuk mengatasi batuk dan hanya mampu mencegah datangnya infeksi lanjutan yang bisa memicu batuk layaknya bronchitis atau pneumonia.

Jika anda batuk dan ingin segera meredakannya, pakar kesehatan lebih merekomendasikan untuk memeriksakan kondisi kesehatan tubuh pada dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.