Mengucek Mata Dengan Tangan Sangatlah Tidak baik

DokterSehat.Com – Salah satu kebiasaan buruk yang biasa dilakukan oleh kita adalah mengucek mata dengan tangan secara sembarangan. Memang, mata terkadang terasa gatal atau lelah sehingga kita ingin sekali menguceknya agar rasa gatal tersebut segera hilang. Disamping itu, dengan mengucek mata, air mata yang bisa membuat debu menghilang atau membasahi mata yang kering tentu akan membuat mata kita menjadi lebih nyaman. Sayangnya, dengan mengucek mata, kita justru bisa menyebabkan mata menjadi terkena iritasi dan bahkan dalam beberapa kasus bisa mengundang beberapa penyakit mata.

doktersehat-mata-kerja

Beberapa penelitian kesehatan menunjukkan bahwa, mengucek mata bisa memberikan tekanan pada mata sepuluh kali lebih kuat dari tekanan normal. Tekanan yang sangat berlebihan, khususnya jika kita mengucek mata dengan keras dengan frekuensi yang cukup sering, maka mata bisa mengalami kerusakan saraf. Tekanan yang berlebihan bisa menggangu aliran darah di bagian belakang mata. Gangguan ini bisa membuat saraf di belakang mata mengalami kerusakan. Disamping kerusakan saraf mata, mata bisa mengalami glaukoma yang dapat membuat mata mengalami penurunan daya penglihatan. Glaukoma sendiri bisa disebabkan tekanan berlebihan pada bola mata saat mata dikucek. Glaukoma yang dibiarkan begitu saja bisa berlanjut menjadi kebutaan.

Jika kita sering menggosok mata saat bangun tidur, kornea mata beresiko mengalami pembengkakan. Mata akan mengalami iritasi dan memicu kornea terluka yang menimbulkan rasa nyeri. Disamping itu, mata akan cenderung merah dan sangat gatal sehingga akan memicu keinginan untuk digosok kembali. Jika kita menggosoknya kembali, mata akan mengalami kondisi stress dan kornea mata pun mengalami penipisan. Jika kornea sering mengalami iritasi dan terus menipis, maka penglihatan pun akan jauh menurun dan biasanya kondisi ini akan sulit untuk dikembalikan.

Baca Juga:  Awas, Penglihatan Kabur Bisa Jadi Karena Penyakit Mata Berikut

Jangan biarkan kebiasaan mengucek mata baik itu saat kita bangun tidur atau saat mata terasa gatal. Jika mata terasa kering atau gatal, segera ambil obat tetes mata yang mampu meredakan masalah tersebut. Kita juga bisa memakai tisu basah untuk meringankan rasa gatal di sekitar mata. Jika kita mampu mengurangi kebiasaan buruk ini, mata pun akan terjaga kesehatannya dan penghilatan kita akan tetap baik dalam jangka waktu yang lama.