Menguap Dengan Berlebihan Bisa Jadi Gejala Penyakit

DokterSehat.Com – Jika kita menguap, maka kita bisa berada dalam kondisi yang sedang mengantuk atau bahkan karena sedang malas untuk melakukan berbagai aktifitas. Banyak orang yang mengaku jika menguap juga terjadi saat tubuh merasa bosan atau bahkan saat kelelahan karena berolahraga. Dalam dunia medis, menguap disebut sebagai brainstem mediated bodily response. Menguap bisa datang dimana saja, baik saat anda bekerja, berkendara, atau bahkan saat melihat acara televisi kesayangan anda.



Ada banyak teori yang menggambarkan mengapa tubuh bisa menguap. Namun, salah satu teori yang dianggap sebagai yang paling benar adalah adanya kadar karbondioksida dalam tubuh yang terlalu besar sehingga otak pun kekurangan asupan oksigen. Otak pun akhirnya memerintahkan kita untuk menguap untuk mendapatkan asupan oksigen yang jauh lebih baik sehingga kita pun akan jauh lebih bisa berkonsentrasi. Selain itu, menguap juga dipercaya bisa membuat otak kita menjadi lebih dingin setelah dipakai untuk berpikir keras. Salah satu hal unik tentang menguap adalah menguap bisa menular ke orang-orang sekitar kita.

Banyak orang yang mengaku mereka menguap dengan berlebihan meskipun tubuh tidak dalam kondisi yang lelah atau kurang tidur. Mereka yang menguap berlebihan bisa jadi mengalami masalah pada saraf mereka yakni berupa multiple sclerosis dan juga almyotropic lateral sclerosis. Masalah saraf ini bisa membuat seseorang menguap hingga empat kali dalam satu menit! Selain itu, menguap juga bisa disebabkan oleh tekanan darah rendah atau diseksi aorta. Diseksi aorta sendiri adalah robeknya area dinding dari aorta, pembuluh arteri utama yang mengalirkan darah dari jantung. Masalah ini bisa terjadi karena tekanan darah tinggi atau bahkan karena faktor genetik. Yang menjadi masalah adalah, diseksi aorta memiliki gejala layaknya kelelahan biasa dengan tubuh yang terlihat kelelahan dan nafas yang cenderung pendek-pendek.

Baca Juga:  Cegah Alzheimer dengan Tiga Langkah Sederhana

Jika anda merasa frekuensi menguap anda sudah sangat berlebihan dan tak wajar. Jangan ragu untuk segera periksakan kondisi anda ke dokter. Hal ini tentu akan bisa mencegah adanya penyakit-penyakit berbahaya jika ternyata menguap anda yang berlebihan ini memang gejala dari penyakit-penyakit tersebut.