Menguak Khasiat Cokelat

DokterSehat.Com – Siapa yang tidak mengenal cokelat? Rasanya yang lezat membuat hampir semua orang dari berbagai kalangan usia suka makan cokelat. Namun, apakah anda tahu rahasia di balik lezatnya cokelat tersebut? Ternyata di balik sisi nikmatnya, terdapat banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Berikut adalah 10 khasiat terbaik dari cokelat.

doktersehat-cokelat

Bubuk biji tanaman cokelat mengandung anggota flavonoid, epicatechin yang termasuk antioksidan kuat yang bermanfaat melindungi tubuh dari molekul radikal bebas dan menyingkirkannya sebelum terjadi kersakan pada tubuh. Hal ini telah mendapat pengakuan dari simposium American Academy for the Advancement of Science beberapa waktu lalu.

  1. Cokelat telah terbukti bermanfaat bagi sistem kardiovaskular. Berdasarkan penelitian di University of California ditemukan bahwa flavonoid dalam cokelat dapat meningkatkan jumlah nitric oxide di dalam tubuh. Peningkatan itu memberi sumbangan sangat baik bagi jantung diantaranya melenturkan lapisan dalam pembuluh darah, mencegah penggumpalan darah yang dapat menyumbat pembuluh darah, serta dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
  2. Bubuk biji tanaman cokelat mengandung anggota flavonoid, epicatechin yang termasuk antioksidan kuat yang bermanfaat melindungi tubuh dari molekul radikal bebas dan menyingkirkannya sebelum terjadi kersakan pada tubuh. Hal ini telah mendapat pengakuan dari simposium American Academy for the Advancement of Science beberapa waktu lalu.
  3. Cokelat dapat memicu otak mengeluarkan endorfin dan serotonin, yaitu hormon yang membuat perasaan jadi rileks dan nyaman.
  4. Salah satu yang mengejutkan ternyata cokelat juga bisa membantu proses pelepasan glukosa menjadi lebih efektif.
  5. Cokelat murni mengandung vitamin B, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, zinc, tembaga, dan selenium.
  6. Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa cokelat mengandung antibakteri yang dapat mencegah kerusakan gigi.
  7. Selain itu, ada penelitian yang mengatakan bahwa  mengonsumsi cokelat dapat menghilangkan  jerawat.
  8. Penelitian di Universitas California juga mendapati bahwa cokelat dapat mencegah tubuh dari serangan stroke. Cokelat memiliki kemampuan setara dengan Aspirin, dikenal sebagai obat anti pembekuan darah.
  9. Cokelat mengandung theobromine, yang berperan dalam mencegah batuk. Theobromine bekerja pada ujung saraf sensorik vagus untuk menekan batuk.
  10. Cokelat hitam merupakan jenis cokelat yang sehat karena mengandung bahan fitokimia dan kaya akan nutrisi.
Baca Juga:  Kita Bisa Mencegah Flu Dengan Melakukan Hal Berikut

Semoga bermanfaat.

Sumber: WebMD