Trik Mengontrol Nafsu Makan Agar Berat Badan Tetap Stabil

doktersehat-mengontrol-nafsu-makan
Photo Credit: Pexels.com/ rawpixel.com

DokterSehat.Com– Dapat mengontrol nafsu makan adalah rahasia menurunkan dan menjaga berat badan. Jika kesulitan, sepertinya Anda perlu trik-trik berikut ini. Dilansir dari Stylecraze, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol nafsu makan agar berat badan tetap terjaga.

1. Kenali Tubuh Anda

Sebelum melakukan lebih banyak pada tubuh Anda, kenali ia lebih dulu. Konsultasi dengan dokter, apakah tubuh Anda memiliki alergi, masalah hormonal atau penyakit yang bersifat turunan. Cari tahu juga pemicu apa hal-hal yang dapat menyulitkan Anda mengontrol nafsu makan. Bisa saja kesulitan mengonrtol nafsu makan disebabkan karena perubahan suasana hati, Anda sedang dalam masa PMS, sedang cemas atau lainnya. Semakin Anda mengenali tubuh, semakin mudah Anda “mengakali”nya. Termasuk “mengakali” nafsu makan yang berlebih.

2. Mantapkan Hati

Keinginan untuk terus makan seperti itu biasanya disebabkan oleh mental. Untuk mengatasinya, Anda harus memantapkan hati. Jika memiliki rencana untuk makan satu porsi, maka makanlah satu porsi. Jauhkan keinginan untuk menambah porsi. Caranya bisa dengan mencatat gol-gol, terutama berkaitan dengan berat badan. Berapa berat badan yang harus dihilangkan, yang harus dijaga, dalam kurun waktu tertentu. Semua dimulai dari menetapkan dan memantapkan tujuan serta hati.

3. Memulai Hari dengan Positif

Mengontrol nafsu makan bisa dilakukan dengan memulai hari secara positif. Berpikiran positif membantu Anda untuk tetap waspada, produktif, energik sepanjang hari. Berpikiran positif secara ajaib dapat mengubah otak serta mendorong Anda mencapai tujuan. Seperti mempertahankan berat badan. Sehingga, nafsu makan berlebih dapat lebih terkontrol.

4. Jangan Lewatkan Sarapan

Jika berpikir untuk melewatkan sarapan agar asupan kalori harian dapat terpangkas, sebaiknya urungkan. Karena sarapan justru bagus untuk menjaga tubuh tetap dalam keadaan kenyang seharian. Pilih sarapan yang kaya protein, lemak sehat, dan karbohidrat komplek sebelum beraktivitas. Asupan sarapan yang sehat, akan menjaga Anda dari keinginan untuk terus makan sepanjang hari.

Itulah beberapa langkah yang dapat mulai Anda terapkan untuk mengontrol nafsu makan. Bagaimana, siap mencoba?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik