Mengonsumsi Makanan Pedas Saat Hamil, Amankah?

DokterSehat.com – Makanan pedas memang bisa membuat tubuh kembali segar dan rasa kantuk pun sirna. Tapi, bagaimana bila makanan pedas dikonsumsi ibu hamil? Membahayakan janinkah?



Makanan pedas tidak akan membahayakan perkembangan janin dalam kandungan, namun bisa mempengaruhi kondisi ibu hamil. Prinsipnya kondisi tubuh ibu hamil berbeda-beda sehingga ada yang bisa mengkonsumsi makanan pedas tanpa ada masalah, namun pada sebagian ibu hamil makanan pedas bisa menimbulkan rasa mulas dan gangguan percernaan lainnya.

Makanan pedas juga bisa mempengaruhi morning sickness pada ibu hamil, seperti mual, muntah, dan sakit perut akibat perubahan kadar hormon. Oleh karena itu, disarankan untuk  mengonsumsi berbagai makanan yang bergizi seimbang supaya Anda dan janin menerima nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Para ahli medis menegaskan bahwa makanan pedas aman dikonsumsi saat hamil. Makanan pedas tidak akan membahayakan janin dan ibu yang mengandung, namun akan membantu janin menyerap kandungan zat dalam makanan meski makanan itu pedas.

Makanan pedas bukanlah pantangan bagi ibu hamil. Yang perlu dihindari saat hamil adalah daging yang belum matang, seperti unggas atau makanan laut, serta susu yang tidak dipasteurisasi. Makanan laut yang mengandung merkuri tinggi seperti ikan hiu, tidak, dan mackerel bisa mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan sehingga mengakibatkan bayi lahir cacat.

Meski aman dikonsumsi selama hamil, namun makanan pedas perlu dipertimbangkan kembali bila Anda mengalami mulas atau masalah pencernaan lainnya. Makanan pedas kemungkinan bisa mengakibatkan timbulnya gangguan seperti mulas dan refluks asam. Bila Anda mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya minumlah segelas susu untuk membantu meredakan mulas. Selain itu Anda juga bisa mengkonsumsi satu sendok makan madu untuk mencegah sakit maag setelah mengkonsumsi makanan pedas.

Baca Juga:  Khasiat Ampuh Madu

Sering muncul anggapan bahwa makanan pedas bisa membantu menginduksi persalinan, tapi belum ada bukti medis tentang hal itu. Apabila ibu hamil mengalami gangguan setelah mengkonsumsi makanan pedas sebaiknya kurangi asupan makanan yang bisa memicu terjadinya mulas atau masalah pencernaan lain.