3 Tips Mengolah Daging Super Sehat

doktersehat-daging-sehat
Photo Credit: Flickr.com/Matt Barber

DokterSehat.Com– Apa masakan dari daging favorit Anda? Tentu ada berbagai jenis olahan masakan dari daging baik yang tradisional maupun kekinian. Olahan makanan dari daging memang tidak ada habisnya, selain lezat daging juga merupakan bahan makanan yang memiliki mutu gizi tinggi. Kira-kira, sudahkah Anda mengolah daging dengan sehat?

Daging, baik jenis daging merah maupun daging unggas, memang merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi. Protein dari daging merupakan protein dengan mutu yang baik untuk tubuh manusia, selain itu daging juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lengkap.

Agar kita dapat mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, maka pengolahan daging juga harus dilakukan dengan tepat. Beberapa cara mengolah daging untuk menjaga kandungan gizinya adalah:

1. Pilih metode memasak yang tepat, yaitu panggang atau rebus

Apa metode masak daging yang biasanya Anda buat? Daging memang cocok dimasak dalam berbagai metode ya. Namun agar kandungan gizinya tetap terjaga usahakan memilih metode masak panggang atau rebus ketimbang membakar daging.

Hal ini akan mengurangi risiko paparan api langsung pada daging yang dibakar. Makanan yang dibakar dengan cara yang kurang tepat akan berisiko meningkatkan terjadinya kanker.

2. Hindari penggunaan garam berlebih

Penggunaan garam pada masakan daging kerap digunakan dalam jumlah banyak agar rasa gurih garam bisa meresap. Padahal hal ini akan meningkatkan risiko peningkatan tekanan darah.

Untuk itu usahakan selalu menggunakan bumbu alami saat mengolah daging ya. Penggunaan lada, cabai atau bumbu rempah alami lainnya tentu juga bisa meningkatkan citarasa daging, kan?

3. Membatasi konsumsi daging yang diproses

Daging yang diproses atau processed meat adalah jenis daging yang tidak dianjurkan terlalu banyak dikonsumsi.

Berbagai asosiasi dan pedoman kesehatan telah menyebutkan bahwa konsumsi processed meat akan meningkatkan berbagai risiko penyakit mulai dari hipertensi, peningkatan asupan lemak hingga kanker.

Selalu utamakan untuk memilih dan mengolah daging dalam bentuk segar ya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik