Mengobati Sariawan Pada Bayi

DokterSehat.Com – Sariawan atau dikenal istilah kedokteran stomatitis aphtosa yaitu adanya gangguan pada mulut yang menimbulkan perih dengan ditandai adanya permukaan cekung berwarna putih kekuningan.



Sariawan bisa terjadi pada siapa saja tidak memandang usia termasuk pada bayi. Hal ini membuat bayi anda menolak ASI atau makanan lainnya. Beberapa kasus yang ditemukan bayi yang mengalami sariawan dikarenakan adanya pertumbuhan jamur jenis candida albicans yang dapat ditularkan dari puting ibu. Sariawan pada bayi dapat muncul di beberapa titik mulut bayi seperti pada bagian dalam pipi, di langit-langit mulutnya atau pada gusi dan giginya.

Bayi yang berada di usia dua bulan tidak menutup kemungkinan dapat terserang sariawan dikarenakan infeksi jamur candida yang semakin meningkat. Peningkatan jamur candida dapat terjadi dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya masih belum matang, sehingga bayi kurang mampu melawan infeksi atau adanya pemberian antibiotik yang telah mengurangi tingkat bakteri sehat dalam tubuh bayi sehingga memungkinkan penyebaran jamur candida yang semakin luas. Selain itu peranan anda sebagai ibu yang sangat berkaitan dengan pertumbuhan bayi dan juga dapat meningkatkan pertumbuhan jamur candida seperti sedang meminum obat antibiotik saat menyusui, anda sedang memiliki sariawan saat menyusui atau anda memiliki pemicu sariawan ketika bayi anda dilahirkan.

Pada dasarnya mengetahui secara awal apakah bayi anda terserang sariawan atau tidak sangat sulit apalagi untuk anda yang harus mengetahui emosi bayi melalui tangisan. Bila bayi anda menangis setelah atau sedang mendapatkan ASI maka dapat menjadi salah satu tanda adanya masalah dengan kesehatan mulutnya. Anda dapatkan menggunakan bantuan cahaya untuk mendeteksi sariawan pada bayi anda. Umumnya anda dapat melihat perubahan pada lidahnya apabila terdapat bagian putih selain residu susu atau adanya bagian merah yang di bagian-bagian tertentu di mulutnya. Sariawan pada bayi akan menggangu pencernaannya sehingga akan menimbulkan ruam popok pada bayi. Keterbatasan asupan pada bayi membuat anda kebingungan dalam mengatasi sariawan pada bayi sehingga anda harus sangat teliti karena sensitifitas bayi yang tidak dapat disamakan dengan balita atau orang dewasa.

Pengobatan

Sebagai seorang ibu dari si buah hati, tentunya bunda merasa tidak tega melihat sang anak kesakitan menangis dan tidak bisa tidur dengan nyenyak. Nah, ada baiknya nih bunda untuk mengetahui tips-tips apa saja yang perlu bunda lakukan jika buah hati bunda mengalami sariawan.

Baca Juga:  Apakah Perut yang Terus Berbunyi Menandakan Adanya Masalah Kesehatan?

• Makanan utama seorang bayi adalah ASI atau air susu ibu. ASI ini mempunyai segudang manfaat baik untuk kesehatan bayi ataupun untuk membantu bayi agar mampu bertahan dari segala penyakit. Perlu bunda ketahui bahwa jamur candida akan semakin meningkat tajam populasinya apabila ASI yang diserap bayi terlalu banyak mengandung gula.

Gula ini lebih sering ditemukan pada makanan olahan. Nah, jadi bunda, ada baiknya untuk mulai mengontrol konsumsi makanan yang mengandung gula terlalu tinggi. Sebagai gantinya, bunda bisa beralih pada makanan yang kaya akan probiotik-nya seperti suplemen probiotik yang dianjurkan dokter ataupun yogurt. Dengan mengetahui dengan benar kandungan makanan apa saja yang bunda konsumsi, sariawan pada bayi pun dapat terhindarkan.

• Cream tradisional
Cara ampuh mengatasi sariawan bayi selanjutnya berasal dari bahan-bahan alami yakni minyak kelapa dan cuka berbahan sari apel. Minyak kelapa sendiri dikenal sebagai penangkal jamur yang sangat baik dan ampuh. Sehingga sangat disarankan untuk bunda, agar sariawan pada bayi bunda dapat diatasi, ambillah minyak kelapa secukupnya. Lalu oleskan pada puting payudara, saat bayi bunda menyusui olesan minyak kelapa dapat diserap oleh bayi dengan baik sebagai penangkal jamur candida. Sama halnya dengan minyak kelapa, bunda juga bisa menggunakan cuka dari sari apel dan mengoleskannya pada puting payudara.

• Sinar matahari
Seperti diulas sedikit di atas, penyebab sariawan bayi adalah jamur candida yang berkembang biak pada kelembaban. Untuk menghindari sariawan pada bayi bunda, ada baiknya nih untuk rajin-rajin mengajak bayi bunda berjemur di pagi hari setelah mandi. Juga, pastikan bahwa kamar buah hati bunda mempunyai ventilasi udara yang baik untuk memungkinkan udara berganti dengan lancar.

Mencegah memang selalu lebih baik daripada mengobati kan, bunda? Silakan tinggalkan komentar Anda!

BACA JUGA : Jangan Khawatir, Penetrasi Saat Bercinta Tidak Akan Bahayakan Janin