Mengobati Kaki Kram Selama Masa Kehamilan

DokterSehat.Com – Ibu hamil akan mengalami banyak perubahan pada fisiknya dan pada hormon tubuh sehingga akan membuat banyak sekali perbedaan kondisi kesehatan jika dibandingkan dengan saat mereka belum hamil. Sebagai contoh, ibu hamil akan cenderung lebih sering mengalami kram pada kakinya, khususnya saat kehamilan sudah mencapai trimester kedua dan ketiga. Kram pada kaki ibu hamil jelas akan sangat mengganggu aktivitas harian atau bahkan waktu tidur ibu hamil jika terjadi pada malam hari. Apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini?

doktersehat-hamil-olahraga-yoga

Ibu hamil biasanya akan membawa beban tubuh yang jauh lebih berat mengingat ada bayi yang ada di dalam kandungan dan kecenderungan ibu hamil yang mengalami penambahan berat badan yang cukup signifikan. Di samping itu, membesarnya perut ibu hamil ternyata bisa membuat pembuluh darah yang mengalirkan darah menuju jantung akan tertekan beserta dengan saraf-saraf yang ada di sekitar perut sehingga pada akhirnya akan memicu kram pada kaki. Jika ibu hamil mengalami kram, maka ada baiknya ibu hamil melakukan beberapa hal berikut ini.

Ibu hamil memang sebaiknya menghindari rasa lelah karena beraktivitas terlalu banyak. Memang, ibu hamil harus tetap bergerak untuk menjaga kesehatan tubuhnya, namun, ibu hamil juga sebaiknya membatasi aktivitasnya meskipun harus membiasakan diri berjalan kaki untuk menjaga kondisi kesehatan. Saat tubuh sudah lelah, segera baringkan badan dengan posisi miring ke kiri sehingga peredaran darah yang menuju ke jantung akan jauh lebih lancar. Selain itu, ibu hamil juga sebaiknya rajin-rajin mengkonsumsi air putih dan jika diperlukan, mandilah dengan air hangat sebelum tidur malam sehingga otot-otot tubuh pun bisa menjadi lebih lemas dan rileks. Kram pada kaki bisa dihindari jika ibu hamil jarang menyilangkan kaki di saat berdiri atau duduk dalam waktu yang lama. Selain itu, ibu hamil juga harus sesekali melakukan peregangan pada kaki saat siang dan juga malam hari dengan cara melakukan gerakan memutar pada tumit dan jari kaki dengan posisi duduk.

Baca Juga:  Makan Jangkrik Lebih Sehat dari Daging Ayam, Sapi dan Udang

Jika kram kaki menyerang, ibu hamil tidak perlu panik dan bisa segera melakukan peregangan pada kaki dan juga otot-otot yang terkena kram. Kaki sebaiknya diluruskan dan ibu hamil bisa mulai menekuk tumit ke arah punggung kaki sehingga kram tersebut pun akan berangsur-angsur mereda. Andai kram ini sering terjadi atau menyebabkan rasa nyeri yang sangat hebat, maka ibu hamil sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan bantuan atau penanganan yang lebih baik.