Mengobati Flu dan Pilek Secara Alami

DokterSehat.Com – Musim hujan telah tiba dan tentu saja kita harus bersiap dengan berbagai penyakit yang bisa saja menyerang anggota keluarga setiap saat. Salah satu penyakit yang umum menjangkiti masyarakat di musim hujan adalah flu atau pilek. Penyakit ini memang cenderung ringan dan mudah untuk diobati. Namun, tetap saja kita tidak akan mau terkena flu, bukan? Hidung yang tersumbat dengan kepala yang berat tentu akan menghambat kita dalam melakukan berbagai macam aktifitas. Jika kita terkena flu dan pilek, kita bisa mengkonsumsi obat yang mudah didapatkan di toko-toko terdekat. Namun jika anda ingin cara yang jauh lebih alami, kita bisa memakai beberapa trik meredakan flu dan pilek sebagai berikut.



Minuman hangat tentu akan sangat nyaman di tubuh, apalagi jika tubuh sedang mengalami pilek. Air putih hangat atau bahkan minuman berasa layaknya teh atau jahe panas akan membuat tubuh seperti terasa lega. Minuman hangat ini akan membuat hidung yang mampet karena ingus menjadi lebih lega dan masalah dehidrasi yang biasanya menyertai flu juga akan terobati. Lendir-lendir yang menjadi penyebab flu pun menjadi lebih encer sehingga flu pun dapat lebih cepat pulih. Ada baiknya kita juga mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang besar mengingat air putih bisa membersihkan kerongkongan dari berbagai macam kuman penyebab pilek.

Saat terkena flu, tubuh harus diperlakukan senyaman mungkin dan kita harus melakukan istirahat dengan total. Istirahat total ini akan membantu sistem kekebalan tubuh menjadi baik kembali. Cara lain yang dianggap efektif mengobati pilek adalah dengan cara berkumur-kumur dengan air hangat. Air hangat yang dicampur dengan cuka, jahe, atau bahkan cuka apel dapat membantu membersihkan kuman penyebab flu di tenggorokan dan mulut.

Baca Juga:  Pendaftaran Online Donor Mata Indonesia

Dengan melakukan berbagai trik di atas, ditambah dengan mengoleskan balsem atau minyak kayu putih nan hangat, tubuh kita pun menjadi lebih terbebas dari masalah flu yang membuat tubuh menjadi kurang nyaman. Setelah flu berhasil disembuhkan, maka ada baiknya kita harus pandai-pandai menjaga kondisi tubuh dari serangan berbagai penyakit dengan memakan makanan sehat dan juga melakukan pola hidup sehat.