Mengkudu Tak Hanya Atasi Kanker

Doktersehat.com – Khasiat mengkudu atau pace sudah banyak diteliti para ilmuwan. Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa buah mengkudu memiliki banyak kandungan zat yang baik bagi kesehatan tubuh. Misalnya, kandungan xeronine yang mampu menetralisir berbagai penyakit seperti gula darah, kolesterol, bahkan kanker. Berikut ini  khasiat emas mengkudu yang sudah terbukti secara ilmiah:



1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sari buah mengkudu dapat merangsang produksi sel T yang berfungsi melawan penyakit. Selain itu mengkudu mampu meningkatkan fungsi kelenjar timus dan kelenjar tiroid yang berguna untuk melawan infeksi dan masalah-masalah yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh.

2. Menormalkan Tekanan Darah

Mengkudu memiliki kandungan sejenis fitonutrien, yakni scopoletin yang bermanfaat melebarkan saluran pembuluh darah yang menyempit. Kondisi ini membantu jantung untuk tidak bekerja terlalu keras dalam memompa darah sehingga menormalkan tekanan darah.

Scopoletin dalam mengkudu dapat bekerjasama dengan makanan yang berfungsi untuk pengobatan lainnya dalam mengontrol tekanan darah tinggi menjadi normal, meski begitu bagi Anda yang memiliki tekanan darah normal tidak perlu khawatir sebab mengkudu  tidak menurunkan tekanan darah yang sudah normal.

3. Melawan Tumor dan Kanker

Para peneliti juga menemukan damnacanthal yang merupakan zat anti kanker yang terdapat dalam mengkudu. Zat ini mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Mengkudu dapat bekerjasama dengan mikronutrien lain dalam menghambat aliran darah menuju ke sel-sel tumor.

4. Menghilangkan Rasa Sakit

Khasiat buah mengkudu sebagai zat analgesik sudah dikenal sejak dulu. Banyak riset yang telah membuktikan manfaat mengkudu untuk mengatasi rasa sakit. Kandungan xeronine dalam buah mengkudu dipercaya berperan penting dalam menghilangkan rasa sakit seperti sakit kepala, sakit otot saraf dan nyeri sendi. Xeronine mampu menormalkan protein sel-sel yang abnormal termasuk sel-sel jaringan otak yang merupakan sumber rasa sakit.

Baca Juga:  5 Tips Agar Tidak Mudah Jatuh Sakit

5. Mengatasi Peradangan dan Alergi

Senyawa scopoletin dalam mengkudu merupakan zat yang efektif sebagai anti-radang dan anti-alergi. Banyak kasus yang menunjukkan keberhasilan pengobatan pada penderita alergi, arthritis dan carpal tunnel syndrome dengan menggunakan scopoletin. Selain itu, sari buah mengkudu juga dapat mengurangi batuk pada penderita asma.

6. Anti-bakteri

Senyawa antraquinon yang terkandung dalam akar mengkudu mampu melawan bakteri staphylococcus yang mengakibatkan infeksi pada jantung serta bakteri shigella yang mengakibatkan desentri. Tak hanya itu saja, mengkudu juga bersifat anti-bakteri terhadap E. Coli, Bacillus sutilis, serta beberapa jenis bakteri Salmonella.

Sari buah mengkudu dapat membantu mengatur keseimbangan pH tubuh sehingga meningkatkan kemampuan tubuh menyerap vitamin, protein, dan mineral.

7. Mengatur Mood atau Suasana Hati

Kandungan scopoletin dalam memgkudu mampu mengikat serotonin dan melatonin. Kedua senyawa tersebut merupakan senyawa yang dapat mengontrol beberapa aktivitas tubuh seperti tidur, mood, rasa lapar, perilaku seksual, suhu badan, dan masa pubertas. Kekurangan serotonin dapat menyebabkan pusing, migrain, depresi, dan alzheimer.

8. Mengatur Siklus Energi Tubuh

Mengkudu mengandung xeronine yang sangat penting dalam proses siklus energi tubuh. Xeronine dan Endorphin diserap pada tempat yang berdekatan. Kondisi ini berfungsi untuk mengaktifkan protein reseptor yang memciptakan perasaan nyaman. Alhasil setelah mengonsumsi mengkudu orang akan merasa nyaman dan berenergi.

Dari berbagai sumber