Mengkonsumsi Susu Sapi yang Sedang Hamil Ternyata Tidak Berbahaya

DokterSehat.Com – Tidak seperti manusia yang baru bisa memproduksi susu setelah kelahiran, beberapa jenis hewan layaknya sapi bisa diperah setiap saat tanpa perlu menunggu kehamilan. Yang menarik adalah, sapi juga termasuk dalam hewan yang bisa hamil sehingga membuat kita bertanya-tanya. Andai sapi sedang hamil, apakah akan aman jika kita mengkonsumsi susu yang diperah dari tubuhnya?

doktersehat-sehat-nutrisi-sayur-buah-susu-daging

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan di University of Ljubljana, Slovenia, menyebutkan jika ada sebagian orang yang mengkhawatirkan adanya perubahan hormon yang terjadi selama proses kehamilan pada sapi akan mempengaruhi susu yang kita konsumsi. Namun, penelitian ini justru menyebutkan jika hal ini ternyata tidak perlu dikhawatirkan sama sekali. Susu yang berasal dari sapi yang sedang hamil ternyata tetap aman-aman saja untuk kita konsumsi.

Penelitian ini dilakukan dengan memakai tikus percobaan yang diberi susu yang berasal dari sapi hamil. Tikus ini kemudian dicek kondisi tubuhnya dan hasilnya adalah Ia tidak mengalami perubahan tingkat estrogen dalam darah atau bahkan perubahan pada berat organ reproduksi. Bahkan, kondisi tubuhnya cenderung sama saja jika dibandingkan dengan tikus lain yang mengkonsumsi susu sapi biasa. Tikus jantan yang mengkonsumsi susu sapi yang sedang hamil juga tidak akan mengalami penurunan hormon testosteron sama sekali.

Adanya fakta ini membuktikan bahwa susu sapi tetap aman untuk kita konsumsi asalkan sapi ini dalam kondisi yang sehat dan tidak akan memberikan pengaruh apapun bagi tubuh kita meskipun sapi yang diperah dalam kondisi yang hamil. Jika ada orang yang masih berpikir bahwa hormon estrogen yang terkandung pada susu sapi akan kurang baik bagi kesehatannya, bisa jadi Ia belum tahu bahwa hormon ini cenderung akan dimetabolisme dalam organ hati kita begitu kita konsumsi sehingga resiko bahayanya sudah dinetralisir oleh organ hati sebelum memasuki aliran darah.