Mengkhawatirkan: Sebesar Ini Pengaruh Ekonomi Terhadap Harapan Hidup Seseorang

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian yang dilakukan di East Tennessee State University di Amerika Serikat menemukan sebuah fakta unik dimana pria yang cenderung hidup dalam kemiskinan akan cenderung berumur lebih singkat jika dibandingkan dengan pria yang hidup dengan kondisi kaya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-pengemis-harapan-hidup

Penelitian yang dilakukan di hampir semua negara bagian di Amerika Serikat ini memang mempelajari kondisi kesehatan, rata-rata usia masyarakat, hingga penghasilan bulanan masyarakat, tanpa menghitung faktor geografi. Dari hal ini, diketahui bahwa masyarakat yang hidup dengan pemasukan rata-rata di bawah garis kemiskinan memiliki harapan hidup yang cederung lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang hidup dengan pendapatan yang di atas rata-rata atau termasuk dalam golongan orang kaya.

Dari penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam American Journal of Public Health ini, diketahui jika ada wanita-wanita yang hidup dengan kondisi kaya yang memiliki kesempatan hidup hingga usia rata-rata 83 tahun. Sementara itu, wanita yang hidup dengan kondisi miskin akan memiliki harapan hidup rata-rata enam tahun lebih pendek, yakni berkisar pada usia 76 tahun. Sementara itu, bagi kaum pria yang paling kaya, mereka bisa hidup dengan usia rata-rata hingga 79,3 tahun, atau 9,3 tahun lebih lama jika dibandingkan dengan pria yang hidup dengan kondisi miskin yang rata-rata akan hidup hingga usia 69,8 tahun.

Banyak masyarakat Amerika Serikat yang agak terganggu dengan hasil penelitian ini mengingat ada lebih dari separuh negara yang ada di seluruh dunia ternyata mampu memberikan harapan hidup yang jauh lebih lama jika dibandingkan dengan usia masyarakat miskin di Amerika Serikat. Hal ini berarti, ada banyak sekali bagian kehidupan masyarakat, khususnya di bidang kesejahteraan dan layanan kesehatan yang belum bisa disentuh oleh pemerintah. Masyarakat pun berharap agar pemerintah melakukan berbagai perbaikan di berbagai sisi sehingga banyak masyarakat miskin bisa mendapatkan kesejahteraan dan juga layanan kesehatan yang lebih baik sehingga tidak mudah terkena penyakit dan memiliki usia harapan hidup yang jauh lebih panjang.