Mengikat Rambut Terlalu Kencang Berbahaya Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Rambut adalah mahkota bagi hampir semua orang. Memang, ada beberapa orang yang memilih untuk membuat kepalanya menjadi botak karena merasa penampilan tersebut membuatnya lebih percaya diri. Namun, tak jarang baik pria maupun wanita memilih untuk memanjangkan rambutnya. Rambut panjang kerap kali diidentikkan dengan kebebasan berekspresi. Meskipun begitu, rambut panjang juga memberikan konsekuensi dimana kita akan merasa lebih mudah gerah dan risih jika melakukan cukup banyak aktifitas. Rasa gerah dan risih ini bisa kita hilangkan dengan trik yang mudah, yakni mengikat atau mengucir rambut.

shutterstock_238107721 copy

Karet rambut akan membantu kita menguncir rambut sehingga akan tetap pada posisinya. Dengan ikatan yang cukup kencang, kita bisa melakukan banyak aktifitas yang ekstrim sekalipun dan rambut tetap pada ikatannya. Selain kepraktisan, kunciran pada rambut ternyata juga bisa menjadi trend unik yang akan menambah rasa percaya diri. Rambut akan terlihat lebih keren dan lebih nyaman, asalkan kita tidak terlalu kencang dalam mengucir rambut.

Ikatan rambut yang sangat kencang bisa memicu rasa pusing pada bagian kepala, tempat dimana banyak rambut yang tertarik karena kunciran. Pakar kesehatan bahkan berkata jika ikatan rambut yang terlalu kencang akan membuat tertariknya kulit kepala dan kulit wajah sehingga bisa memicu gangguan saraf atau bahkan kondisi pusing pada kepala hampir setiap hari. Selain memberikan rasa pusing, rambut juga akan semakin mudah mengalami kerusakan jika dikuncir setiap hari.

Meskipun ringkas, mengikat rambut ternyata membuat rambut menjadi lebih terkekang dan tidak bergerak bebas. Rambut yang terkekang cenderung akan lebih mudah rapuh dan rontok. Cobalah untuk memperlakukan rambut dengan lebih lembut dengan ikatan yang tidak terlalu kencang sehingga kerusakan rambut bisa dicegah. Ikatan rambut yang terlalu kencang juga bisa berdampak besar pada pertumbuhan rambut. Kulit kepala yang terus tertarik akan membuat bagian folikel rambut mengalami peradangan dan bisa membuat rambut berhenti tumbuh. Selain itu, rambut yang sering dikucir juga akan cenderung mengubah rambut yang lurus menjadi rambut bergelombang.

Baca Juga:  3 Makanan Ini Bisa Memaksimalkan Kesehatan Seksual Pria

Cobalah untuk mengendurkan ikatan rambut anda agar masalah-masalah di atas tidak terjadi. Selain itu, anda juga bisa mencoba bando atau jepit rambut yang tidak terlalu kencang sehingga rambut pun tidak akan mudah mengalami kerusakan saat dikuncir.