Menghitamnya Bibir

DokterSehat.Com – Semua orang tentu memimpikan bibir yang sehat dengan warna merah atau merah muda yang terlihat segar. Sayangnya, beberapa orang justru mendapati bibirnya terus menerus menjadi lebih gelap dan kehitaman. Banyak orang yang merasa tidak percaya diri dengan warna bibir yang cenderung hitam. Disamping membuat tampilan wajah menjadi terkesan lebih kusam, bibir yang hitam justru lebih sering dikaitkan dengan kebiasaan merokok berat. Banyak orang yang sudah menghindari rokok juga mengalami bibir yang menghitam. Apa sajakah penyebab bibir yang awalnya merah menjadi menghitam?

doktersehat-rokok

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas. Rokok sering kali dianggap sebagai tersangka utama semakin gelapnya bibir. Kandungan nikotin dalam rokok jika dihisap dalam waktu yang lama bisa membuat warna bibir berubah menjadi kehitam-hitaman. Disamping itu, bibir perokok juga cenderung lebih mudah pecah-pecah. Selain rokok, pengaruh kafein juga bisa membuat bibir menjadi lebih gelap, apalagi jika anda adalah pecinta kopi dan bisa menenggak beberapa gelas kopi sehari.

Semakin gelapnya bibir terjadi karena tubuh mengalami kekurangan vitamin C. Kondisi ini bisa membuat pigmentasi bibir menjadi lebih cepat dan warna bibir pun cenderung berubah menjadi lebih gelap. Vitamin C sendiri dikenal mampu memberikan tampilan yang segar pada wajah dan bibir sehingga ada baiknya anda memenuhi kebutuhan harian vitamin C agar bibir tidak menghitam. Disamping vitamin C, cairan tubuh juga bisa mempengaruhi semakin gelapnya warna bibir. Bibir yang kekurangan cairan akan kekurangan kadar mineral yang berimbas pada menghitamnya bibir. Disamping itu, kelembaban pada bibir juga bisa menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah dan semakin menghitam.

Meskipun cukup jarang terjadi, penggunaan lipstik yang tidak cocok dengan bibir juga bisa membuat warna bibir menjadi lebih gelap. Beberapa wanita bahkan tidak membersihkan lipstiknya sebelum tidur dan hal ini ternyata bisa memicu semakin gelapnya warna bibir. Kebiasaan buruk sering menggigit bibir saat cemas atau berpikir juga bisa membuat bibir mengalami pigmentasi dan semakin menggelap.