Menghindari Pikun Dengan Asupan Vitamin D

DokterSehat.Com – Gaya hidup modern yang membuat kita menjadi semakin sibuk dan mendapatkan waktu istirahat yang semakin sedikit ternyata bisa memberikan dampak yang buruk, khususnya bagi otak kita. Pikiran yang terbebani dengan stress dan kecemasan ternyata bisa membuat otak semakin menyusut dan memicu pikun dalam usia muda. Otak pun cenderung sulit untuk berkonsentrasi sehingga banyak tugas pun semakin sulit untuk diselesaikan dengan baik.

doktersehat-sarapan-keju-daging

Jika anda kini mulai sering lupa meskipun untuk hal-hal yang kecil, ada baiknya kita mulai menambah asupan vitamin D ke dalam tubuh, misalnya susu, keju, salmon, dan minyak ikan. Mengapa harus vitamin D? Pakar kesehatan yang ahli di bidang alzheimer ternyata melakukan sebuah penelitian di kota Framingham, Amerika serikat tentang kemampuan kognitif dan juga kesehatan jantung. Terdapat lebih dari 1000 lansia yang berpartisipasi dalam penelitian ini dan sebagian dari partisipan itu mengalami kasus alzheimer dan juga demensia yang berkaitan erat dengan mudah lupa. Sebagian dari partisipan lain ternyata memiliki kesehatan dan kemampuan kognitif yang masih aktif. Mereka yang masih memiliki kemampuan kognitif yang aktif ternyata cenderung lebih aktif dalam melakukan olahraga ringan jika dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan aktifitas olahraga sama sekali.

Selain olahraga, kemampuan kognitif juga dipengaruhi dengan kandungan vitamin D yang dikonsumsi harian oleh partisipan. Partisipan yang mengalami kekurangan vitamin D ternyata memiliki resiko 42 persen lebih tinggi mendapatkan penyakit demensia dan bahkan kenaikan resiko bisa bertambah berkali-kali lipat jika asupan vitamin D sangat buruk.

Untuk mendapatkan vitamin D sebenarnya cukup mudah mengingat kita bisa beraktifitas di sinar matahari pagi selama beberapa puluh menit dan kulit pun akan langsung memproduksi vitamin D dari sinar matahari. Disamping sinar matahari, kita juga bisa mendapatkan vitamin D dengan meminum suplemen. Untuk dapat menghindari pikun pada usia dini, kita juga bisa melatih otak dengan permainan layaknya teka-teki silang dan rajin membaca sehingga otak pun tidak mengalami penyusutan.