Menghindari Gangguan Pendengaran Akibat Memakai Gadget

DokterSehat.Com – Tanpa disadari, perkembangan teknologi kini telah mempengaruhi kehidupan sehari-hari kita. Jika pada jaman dahulu kita mengkaitkan perkembangan teknologi dengan kemudahan melakukan pekerjaan layaknya dengan memakai perangkat komputer, kini kita melihat gadget layaknya smartphone yang bahkan seakan-akan tidak bisa lepas dari tangan kita sepanjang waktu. Banyak pengguna gadget yang juga memakai gadget ini sebagai alat pemutar musik yang bisa diperdengarkan dengan earphone. Sayangnya, penggunaan earphone yang terlalu sering bisa membuat masalah pendengaran seiringd engan waktu.

ktersehat-gangguan-pendengaran

Tercatat, beberapa masalah layaknya telinga yang berdening, kualitas pendengaran yang menurun, atau bahkan kesulita memahami pembicaraan di keramaian menjadi gangguan pendengaran yang banyak disebabkan oleh penggunaan earphone terlalu lama, terlalu sering, atau terlalu bising. Lantas, adakah cara agar kita bisa mencegah gangguan pendengaran karena penggunaan earphone?

Jika kita mendengarkan musik dengan earphone, ada baiknya kita tidak memakainya lebih dari satu jam setiap harinya. Penggunaan lebih dari waktu tersebut bisa berimbas buruk bagi pendengaran kita. Selain itu, ada baiknya kita juga mempertahankan volume suara tidak lebih dari 60 persen dari volume maksimal. Selain itu, sangat tidak disarankan memakai earphone di keramaian untuk mendengarkan musik. Jadi, jika kita mendengarkan musik di kereta atau bus saat jam padat, sebenarnya hal ini sangat tidak direkomendasikan.

Andai kita mendengarkan musik dengan earphone dalam waktu yang lama, ada baiknya kita memberikan jeda 10 hingga 15 menit untuk membuat telinga kita “beristirahat”, sehingga resiko terkena masalah pendengaran pun bisa menurun. Selain itu, ingatlah bahwa ada baiknya kita memakai tipe earphone yang tidak ditancapkan ke dalam lubang telinga atau tipe earbud. Tipe earphone ini bisa meningkatkan suara hingga 6-9 db yang berpengaruh besar pada meningkatnya resiko terkena gangguan pendengaran. Gunakanlah tipe earphone yang berada di luar saluran telinga.