Menghilangkan Stress Dengan Mendengarkan Lagu Sedih

DokterSehat.Com – Semua orang tentu pernah mengalami fase kehidupan dimana mereka merasakan sedih, stress, depresi, hingga mood yang sangat berantakan. Emosi negatif ini bisa disebabkan karena berbagai hal; dari yang disebabkan oleh tuntutan pekerjaan, atau bahkan dengan hubungan dengan orang lain. Satu hal yang pasti, setiap orang tentu ingin segera menghilangkan rasa sedih dan stress ini dan segera ceria kembali. Masalahnya adalah, adakah cara untuk mengembalikan emosi positif kita dengan cepat?

doktersehat-flu-mata-berair

Pakar kesehatan menyebutkan jika ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan stress, sedih, atau berbagai emosi negatif. Sebagai contoh, kita bisa melakukan olahraga yang memang bisa secara efektif mengusir stress. Namun, jika anda sedang malas untuk melakukan aktifitas fisik, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mendengarkan lagu sedih. Lagu sedih? Bukanlah hal ini bisa membuat mood kita menjadi semakin memburuk? Pakar kesehatan ternyata menyebutkan fakta sebaliknya. Mendengarkan lagu sedih ternyata cukup efektif menghilangkan stress dan kesedihan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah universitas di Berlin, Jerman, menyebutkan jika lagu sedih ternyata memang bisa membuat emosi positif kembali dan mempengaruhi suasana hati pendengarnya. Dengan mendengarkan lagu sedih, kita akan banyak berpikir tentang kenangan di masa lampau, khususnya tentang masa-masa dan tempat dimana kita pernah merasakan bahagia. Dengan mengingat berbagai kenangan, maka kita pun bisa mengalihkan pikiran kita dari berbagai masalah yang sedang melanda kita dan hal ini ternyata bisa membangkitkan kembali mood yang positif.

Pakar kesehatan Krystine Batcho dari Le Moyne College bahkan menyebutkan jika kunci dari mendengarkan lagu sedih bisa mengusir kesedihan dan stress adalah dari lirik lagunya. Tanpa kita sadari, pikiran kita akan memberikan empati dan pada akhirnya sadar jika semua orang akan pernah memiliki masalah yang sama sehingga kita pun menenangkan diri kita sendiri dengan lebih baik. Pikiran pun akan cenderung menjadi lebih baik dan mood positif yang kita butuhkan puna kan segera bangkit kembali.