Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja

Doktersehat.com- Mengantuk pada saat jam kerja menjadi suatu hal yang sangat mengganggu. Dan hal ini juga membuat anda tidak bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Konsentrasi kerja menurun dan kinerjapun tak maksimal. Mengantuk dapat disebabkan karena kurangnya jam tidur atau pola tidur yang tidak teratur. lelah karena menatap layar komputer berjam-jam, kurang aktivitas tubuh dan tidak tidak sarapan di pagi hari. Atau terlalu banyak makan siang itu yang menyebabkan kantuk dating menyerang.  Jika kantuk ini dating terus menerus pekerjaan akan menjadi berantakan.



Rasa kantuk yang datang disaat jam kerja harus kita lawan agar pekerjaan dapat segera terselesaikan. Sebaiknya kita harus memperbaiki pola tidur di malam hari. Beristirahat cukup sehingga di pagi hari bangun dengan kondisi  segar dan siap beraktivitas kembali.

Apabila kantuk masih saja menyerang saat jam kerja. Ini dia tips sederhana untuk mengusir kantuk yang menyerang saat jam kerja.

Konsumsi kafein

Zat yang terkandung di dalam kafein bisa meningkatkan produksi adrenalin dan mengahmbat zat kimia yang menyebabkan kantuk.

Dengarkan musik

Sebuah studi yang dilakukan di Taiwan menemukan bahwa orang yang mendengarkan music senelum melakukan ujian cenderung memiliki konsentrasi yang lebih tinggi disbanding yang tidak mendengar music. Music juga dapat mengembalikan mood dan dapat meningkatkan kemampuan otak.

Ngemil

Ngemil adalah salah satu cara untuk mengusir kantuk. Protein merangsang sel orexin di otak yang akan mengirimkan impuls listrik yang membuat kita tetap waspada dan terjaga.

Bergerak

Duduk secara terus menerus dalam menurunkan tingkat konsentrasi dan juga dapat mendatangkan rasa kantuk. Usir dengan sedikit peregangan untuk melancarkan kembali aliran darah. Atau berjalan-jalan disekitar meja.

Baca Juga:  Obat Tradisional

Paparan sinar matahari

Ruangan kerja yang kurang pencahyaan langsung bisa membuat mata menjadi sulit terbuka. Sebuah studi yang dilakukan di perancis terhadap 13.000 karyawan menemukan mereka yang ruangannya terpapar matahari jarang mengantuk saat bekerja dan resikonya menderita insomnia lebih rendah.

Kunjungi dokter

Bila rasa kantuk terus menerus menyerang saat bekerja, segera konsultasikan kepada dokter. Rasa lelah dan mengantuk walaupun tidak melakukan aktivitas berat, bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan, seperti anemia atau sleep apnea.

Antisipasi agar kantuk tidak menyerang saat jam kantor, memperhatikan jadwal  tidur di malam hari. Paling baik mengusahakan tidur 6 – 8 jam per hari. Lakukan  olagraga teratur baik waktunya, kapasitasnya dan jenis olahraganya. Sudah sering diulas oleh pakar kesehatan, bahwa olahraga  akan membuat tubuh tetap fit. Dengan tubuh yang fit, segar dan bugar, boleh jadi kantuk pun tidak mudah menyerang di saat jam kerja.

Sumber:kompashealth.com&arumsekartaji.wordpress.com