Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja

DokterSehat.Com – Banyak diskusi di media sosial dimana kebanyakan pekerja akan jauh lebih mudah merasa ngantuk di kantor daripada saat mereka berada di rumah. Beban kerja yang berat bisa membuat tubuh menjadi lelah dan mudah untuk mengantuk. Banyak pekerja kantoran yang mengaku bahwa mereka tertidur saat jam kerja yang tentu saja akan mengurangi produktivitas kerja. Selain itu, rasa kantuk saat jam kerja tentu akan membuat kita menjadi lebih tidak fokus dan pekerjaan pun akan semakin terbengkalai. Apakah ada cara untuk menghilangkan kantuk pada jam kerja?

doktersehat-ngantuk-kopi-kerja-kurang-tidur-kantor

Obat dari mengantuk adalah dengan meminum kopi. Ya, cara pertama untuk menghilangkan kantuk di kantor adalah dengan meminum minuman berkafein. Kopi atau teh panas yang nikmat bisa membuat kita menjadi tersadar dan kembali fokus. Kita juga bisa mengkonsumsi minuman berenergi sehingga kita punya energi yang cukup untuk menyelesaikan pekerjaan. Jika perlu, kita bisa memakan camilan. Pilihlah camilan yang mengandung protein tinggi sehingga kita tidak mudah merasa ngantuk. Ada baiknya kita menghindari camilan yang mengandung banyak gula karena bisa membuat kandungan gula darah bertambah.

Jika kita mengantuk, cobalah untuk beranjak dari kursi anda. Duduk dalam jangka waktu yang lama bisa membuat kita mudah mengantuk. Dengan melakukan peregangan, aliran darah pun menjadi lebih lancar dan tubuh pun menjadi lebih segar. Selain itu, cobalah untuk mendapatkan paparan sinar matahari dengan cara keluar ke taman atau dekat dengan jendela sehingga tubuh pun menjadi lebih segar. Saat bekerja, anda juga bisa mengembalikan mood anda menjadi lebih segar untuk bekerja dengan cara mendengarkan musik. Penelitian di Taiwan bahkan menunjukkan jika musik bisa membuat otak bisa jauh lebih baik dalam berkonsentrasi saat jam kerja.

Baca Juga:  kandungan Gizi Kedelai

Untuk menghindari rasa kantuk di tempat kerja, pastikan bahwa anda memiliki waktu tidur yang cukup. Jangan paksakan tubuh anda untuk begadang hanya demi menonton film atau melihat tayangan televisi. Dengan waktu tidur yang cukup, anda akan lebih fresh di pagi hari dan tidak akan mudah merasa kantuk selama jam kerja.