Menghilangkan Kulit Kusam dengan Tomat

DokterSehat.Com – Tomat selain digunakan untuk bahan makanan juga memilki banyak manfaat untuk kesehatan kulit anda. Buah tomat memiliki kesegaran dan warna merah, buah ini sering dimanfaatkan untuk kesehatan kulit dan kecantikan. Tomat mempunyai kemampuan untuk menghilangkan kulit kusam. Tomat adalah bahan makanan yang banyak terdapat di dapur. Pada umumnya, tomat terkenal sebagai pelengkap makanan dan minuman segar. Khasiat dari tomat selain baik untuk kesehatan, juga baik untuk kecantikan. Banyak yang mempercayai bahwa tomat mampu memperkecil pori-pori, mengobati jerawat, sertamenghilangkan kulit kusam.

doktersehat-wanita-cantik-muka-wajah-make-up-cuci-sunblock

Kandungan likopen dalam tomat adalah sebuah zat antioksidan yang bermanfaat dari dalam sebagai tabir surya. Kandungan antioksidan bermanfaat untuk membantu mengurangi kerusakan sel dan kulit yang terlihat kemerahan. Untuk idealnya, disarankan dalam sehari kepada setiap orang untuk mendapatkan likopen minimal 16 mg, hal ini berguna untuk mengurangi kadar radikal bebas pada tubuh dan membantu kelembaban kulit yang disebabkan paparan AC.

Kutipan dari Times of India, menjelaskan beberapa langkah yang dapat membantu memperoleh kulit sehat, berikut penjelasannya:

Pori-pori yang besar
Pori-pori besar lebih berisiko untuk kemasukan kotoran, sehingga kemungkinan terjadinya infeksi di pori-pori akan semakin besar. Cara pengobatannya, buatlah jus tomat segar kemudian ambil satu sendok makannya. Lalu tambahkanlah tetesan air jeruk nipis antara 2-4 tetes. Bubuhkanlah ramuan tersebut menggunakan bola kapas pada wajah, lalu lakukanlah pemijatan dengan arah gerakan melingkar. Biarkanlah kurang lebih sekitar 15 menit, setelah itu bilaslah menggunakan air dingin. untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, gunakanlah ramuan itu dengan teratur. Teknik tersebut sangat efektif untuk mengecilkan pori-pori kulit.

Menyembuhkan jerawat
Buah tomat memiliki keasaman yang berguna untuk mengurangi dan membantu menghilangkan jerawat. Kebanyakan obat jerawat mempunyai kandungan vitamin A dan vitamin C, dan aneka vitamin tersebut juga terdapat dalam tomat. Tomat kaya akan kandungan vitamin A, C dan K. Bila Anda mempunyai jerawat ringan, cukup tempelkan saja potongan buah tomat yang masih segar di wajah yang berjerawat. Biarkanlah sekitar satu jam, setelah itu bilas menggunakan air bersih. Supaya jerawat Anda cepat mengering, lakukanlah pengobatan ini dengan teratur dan jika perlu lakukan sesering mungkin.

Mengontrol minyak berlebih
Jika wajah Anda mempunyai minyak yang berlebih, jadikanlah tomat sebagai solusi Anda. Ambil tomat segar dan haluskanlah, lalu saringlah. Tambahkanlah jus ketimun dengan jus tomat yang sudah Anda buat. Gunakanlah kapas untuk membalurkan ke wajah. Selain ramuan ini berguna untuk menyerap minyak yang berlebih, juga sangat membantu untuk mencegah timbulnya jerawat.

Masker wajah
Kombinasi yang baik untuk membuat masker wajah adalah kombinasi dari tomat dan alpukat. Cara kerja tomat mampu menghambat kehadiran komedo dan mengurangi jumlah minyak berlebih. Dan untuk alpukat mempunyai efek antiseptik dan juga berguna untuk melembabkan. Kombinasi masker ini sangat kaya akan vitamin A, vitamin C dan vitamin E yang membantu untuk menenangkan dan juga membersihkan kulit. Pakailah masker tersebut sekitar 20 sampai 30 bulan, setelah itu bilaslah menggunakan air hangat.

Baca Juga:  Jeruk Nipis Membuat Kulit Menjadi Putih dan Halus

Mencerahkan kulit
Penyebab kulit terbakar dan meradang adalah paparan sinar UV. Cara mengatasinya, campurkanlah 2 sendok makan yoghurt dengan tomat yang sudah dihaluskan. Cara pemakaiannya, oleskanlah ramuan tersebut di tangan, kaki, leher dan wajah sekitar 20 menit dan lakukanlah pembilasan menggunakan air bersih. Fungsi dari tomat untuk menetralkan permukaan dan juga mendinginkan kulit, dan untuk yoghurt berperan memberi nutrisi protein yang diperlukan oleh kulit yang akan membuat kulit menjadi kenyal dan lembut.

Menurut USDA dalam 100 gram tomat, kandungan terbesar di dalamnya adalah vitamin A 17% dan vitamin C 21%, sisanya adalah serat, protein, kalori, gula, kalsium dan zat besi. Kandungan vitamin C yang besar ini ternyata membawa manfaat lebih bagi tubuh. Selain untuk menjaga sistem immune tubuh, vitamin C juga dapat berperan sebagai agen pencerah kulit. Tak puas hanya di situ, masih ada beberapa manfaat tomat seperti dipaparkan berikut ini.

Mengecilkan pori-pori
Memang tomat tidak mampu mengecilkan pori-pori secara instant, namun ia dapat membersihkan pori-pori yang membawa kotoran dan menggantikannya dengan nutrisi bermanfaat. Saat pori-pori tidak membawa kotoran, otomatis ukuran pori akan mengecil. Wajah pun terlihat lebih halus dan lembut.

Langkah-langkah:

  • Campurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan 1 sdm sari jeruk nipis, tambahkan 1 sdt gula kemudian massage wajah dengan lembut. Hati-hati, karena jika dimassage terlalu keras, gula dapat melukai kulit.
  • Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin.

Membantu penyembuhan jerawat
Asam yang dikandung oleh tomat mampu mempercepat penyembuhan jerawat. Vitamin A dan C juga akan merawat bekas jerawat, melembabkan kulit, sekaligus mencerahkan kulit.

Langkah-langkah:

  • Maskerkan tomat yang sudah dihaluskan, ratakan di seluruh bagian wajah dan diamkan selama 1 jam.
  • Bilas dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin.

Dengan melakukan langkah ini minimal 2 kali seminggu, jerawat akan lebih cepat sembuh.

Agar kulit lebih cerah bersinar
Menggunakan cream/ lotion pemutih, Anda tak akan mendapatkan kulit cerah bersinar secara alami. Dan di beberapa waktu tertentu, kulit Anda akan kembali terlihat kusam. Namun, tomat akan membuat kulit Anda terlihat cerah bersinar secara alami setiap hari. Cukup dengan mengonsumsi dan mengenakannya sebagai masker.

Jika cantik bisa didapatkan tanpa cara mahal, mengapa harus ditunda lagi?