Menghangatkan Kembali Nasi Sisa Kemarin Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com– Banyak orang yang sengaja menghangatkan lagi nasi sisa kemarin karena sayang jika harus dibuang. Bahkan, ada yang menyebutkan bahwa nasi sisa kemarin baik bagi kesehatan dan dianggap bisa menurunkan resiko terkena diabetes. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-nasi-putih

NHS and Food Standards Agency menyebutkan bahwa di dalam nasi yang dibuat dari beras putih terdapat bakteri bernama bacillus cereus. Bakteri ini bisa berkembang dengan cepat jika kita salah salah menyimpan nasi. Bakteri ini sebenarnya memang sudah ada dalam nasi yang sudah matang. Namun, jika kita salah dalam menyimpan nasi yang tidak habis dikonsumsi dalam sehari ini, maka bakteri akan berkembang biak dengan sangat cepat dan akhirnya bisa memproduksi racun dalam jumlah yang besar dan akhirnya memicu diare atau muntah-muntah.

Seperti apakah cara menyimpan nasi sisa yang salah? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa banyak orang yang membiarkan nasi sisa berada dalam suhu ruang, bukannya di suhu yang dingin sehingga bakteri ini akan berkembang biak dengan cepat. Ada baiknya kita segera memasukkan nasi sisa di lemari pendingin sebelum dipanaskan kembali keesokan harinya, bukannya dibiarkan beberapa jam di suhu kamar agar mendingin dengan alami. Hal ini justru akan membuat bakteri berkembang biak dengan sangat cepat.

Tips lain agar tetap aman mengkonsumsi nasi sisa kemarin adalah dengan memastikan nasi dipanaskan dalam suhu tinggi hingga benar-benar mengepul seperti baru dimasak, bukan hanya dihangatkan lagi di dalam rice cooker. Hanya saja, jika nasi sudah berair, cenderung lengket, atau bahkan berbau, ada baiknya nasi sisa ini tidak lagi kita konsumsi.