Menggunakan Wewangian Ternyata Bisa Membantu Meredakan Stress

DokterSehat.Com – Banyak orang yang memilih untuk menggunakan wewangian sebelum mulai melakukan aktifitas. Tujuan dari penggunaan wewangian ini tentu saja untuk mencegah bau badan yang bisa merusak penampilan dan rasa percaya diri. Namun, tahukah anda jika wewangian ternyata juga bisa memberikan manfaat lainnya? Baru-baru ini pakar kesehatan menyebutkan bahwa menggunakan wewangian ternyata bisa berpengaruh positif pada mood sekaligus menurunkan stress.

doktersehat-belimbing-vitamin-starfruit-obat-batuk

Adalah Jessmin Leong yang mengungkapkan fakta menarik ini. Menurut Leong yang berasal dari Givoudan Fragrance House, indera penciuman manusia ternyata memiliki kaitan erat dengan emosi dan juga pengolahan memori pada otak kita. Dengan menggunakan wewangian yang tepat, maka kita bisa mengaktifkan emosi dan juga area memori jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan berbagai rangsangan sensorik lainnya. Sebagai informasi, saat kita mencium wewangian, sensor pada tubuh kita akan segera mengaitkannya dengan daya ingat, emosi, hingga menciptakan hubungan dengan obyek tertentu, tempat tertentu, orang tertentu, hingga kata-kata atau pengalaman tertentu. Hal ini ternyata bisa berpengaruh besar bagi mood kita, khususnya dalam menurunkan stress, menambah rasa percaya diri, meningkatkan performa kognitif, hingga membuat kualitas tidur meningkat.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa stress bisa berbahaya bagi kesehatan sehari-hari. Tak hanya bisa mempengaruhi pikiran, stress bisa membuat kekacauan hormon di dalam tubuh dan akhirnya meningkatkan peradangan. Padahal, peradangan inilah yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Pakar kesehatan dr. Endang Mariani Rahayu, M.Si, menyebutkan bahwa jika dibandingkan dengan pria, kaum hawa cenderung lebih memperhatikan penampilannya, termasuk dalam hal menggunakan wewangian. Mengingat hampir 50 persen wanita cenderung beresiko terkena stress, maka diharapkan penggunaan wewangian ini bisa membantu mereka mengendalikan stress dengan lebih baik.