Tips Menggunakan Minyak Pembersih Berdasar Jenis Kulit

doktersehat-memilih-minyak-pembersih
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Ada beberapa jenis minyak pembersih yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan wajah. Meski demikian, jika penggunaanya tidak tepat berdasarkan jenis kulit, manfaat dari minyak pembersih tidak akan terasa maksimal. Dilansir dari Balance Me Beautiful, kami sampaikan tips menggunakan minyak pembersih berdasar jenis kulit, terutama berkaitan dengan penggunaan minyak jarak.

1. Kulit Kering

Jika kulit wajah Anda termasuk jenis kulit kering, secara takaran, Anda membutuhkan lebih banyak minyak pembersih. Agar minyak dapat masuk ke dalam pori-pori dengan baik untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk dan bakteri. Meski begitu, untuk penggunaan minyak jarak, Anda cukup mencampurkan 10% saja, kemudian 20% minyak zaitun dan 60% minyak alpukat. Campuran dari ketiga bahan ini, adalah campuran terbaik bagi kulit kering Anda.

2. Kulit Normal

Untuk kulit normal, tips menggunakan minyak pembersih, adalah tidak menggunakan minyak pembersih dengan kandungan minyak jarak melebihi 20%. Sebagai bahan campuran dengan minyak jarak, Anda bisa menggunakan hampir semua minyak. Kulit normal cenderung tidak terlalu sulit diatasi.

3. Kulit Berminyak

Jenis kulit berminyak, bisa jadi merupakan jenis kulit yang cukup sulit disiasati, apalagi berkenaan dengan penggunaan minyak pembersih. Namun, dilansir dari Balance Me Beautiful, tidak ada perlakuan khusus. Anda hanya perlu memastikan, campuran minyak jarak yang digunakan adalah 30%. Minyak campuran lain yang bisa digunakan antara lain minyak biji bunga matahari dan minyak almond. Anda bisa menggunakan campuran minyak ini untuk membersihkan wajah.

4. Kulit Berjerawat

Pilihan terbaik dalam penggunaan minyak pembersih bagi kulit wajah berminyak adalah mencampurkan 20% minyak jarak dengan 40% minyak biji anggur, 40% minyak zaitun atau minyak biji bunga matahari. Pastikan bahwa jumlah campuran minyak harus sesuai untuk hasil yang maksimal.

Sebelum menggunakan minyak pembersih, kenali lebih dulu jenis kulit wajah yang Anda miliki. Tips menggunakan minyak pembersih yang kami lansir dari Balance Me Beautiful ini semoga bisa menjadi refrensi penggunaan minyak pembersih yang tepat.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik