Menggosok Gigi Dengan Cara Salah Picu Penyakit Berbahaya

DokterSehat.Com – Mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa jarang menggosok gigi bisa memicu beberapa penyakit berbahaya termasuk penyakit jantung. Untuk mencegah hal ini, tentu Anda sangat disarankan untuk membersihkan gigi Anda secara teratur. Tapi ingat, harus dengan cara yang benar ya, Ladies.



Berikut ini, dilansir dari prevention.com, adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika menggosok gigi. Setelah mengetahui hal ini, ada baiknya Anda menghindari kesalahan tersebut :

  • Menggosok gigi di waktu yang tidak tepat
    Menurut seorang ahli, sikat gigi Anda adalah hal terakhir yang masuk mulut Anda. Intinya, setelah Anda membersihkan gigi, Anda tidak boleh makan makanan apapun, karena makanan yang tersisa di sela-sela gigi bisa menyebabkan gigi berlubang. Gosok gigi dua kali sehari masing-masing dua menit untuk menjaga kesehatan gigi Anda.
  • Menggunakan sikat gigi yang salah
    Sikat gigi yang disarankan adalah sikat gigi dengan bulu yang halus sehingga bisa menjangkau sela-sela gigi Anda dan membersihkan sisa plak di dalamnya. Jika plak tidak dapat dihilangkan dan mengendap di gigi Anda, maka akan mengakibatkan sakit pada gusi. Menggunakan sikat gigi dengan model medium atau hard ternyata dapat melukai gusi Anda, Ladies.
  • Hanya menyikat gigi
    Tidak hanya gigi, lidah Anda juga merupakan tempat yang banyak mengandung bakteri lho, Ladies. Maka dari itu, selain menyikat gigi Anda, pastikan Anda juga membersihkan lidah Anda. Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menggosok gigi. Semoga bermanfaat!
  • Tidak mengganti sikat gigi
    Anda disarankan untuk mengganti sikat gigi Anda selama 3 sampai 4 bulan sekali. Penelitian menemukan bahwa pada satu buah sikat gigi, terdapat hingga 10 juta bakteri, dan sikat gigi yang telah lama terpakai tidak akan mampu membersihkannya secara efektif. Selain itu, jika Anda baru sembuh dari sakit, segera ganti sikat Anda karena sikat yang Anda gunakan ketika Anda sedang sakit mengandung bakteri dan virus yang bisa membuat Anda sakit lagi.
  • Menggunakan cara yang salah
    Ketika menyikat gigi Anda, posisikan sikat Anda hingga membentuk sudut 45 derajat, jangan menggosok dengan posisi lurus saja. Selain itu, gosok dengan arah memutar, hal ini akan membuat sikat mampu membersihkan seluruh bagian gigi. Usahakan sikat gigi Anda menjangkau seluruh bagian gigi bahkan hingga yang paling belakang.
  • Tidak menggunakan mouthwash
    Setelah menyikat gigi Anda, Anda disarankan untuk berkumur menggunakan mouthwash. Hal ini akan membantu Anda membersihkan segala macam hal yang berbahaya bagi kesehatan gigi Anda. Mouthwash yang disarankan oleh para ahli adalah yang bebas alkohol, Ladies.