Menggerus Obat Agar Mudah Diminum Ternyata Tidak Boleh Dilakukan Sembarangan

DokterSehat.Com– Tidak semua orang bisa minum obat dengan mudah. Sebagai contoh, anak kecil akan kesulitan jika harus menelan pil dengan ukuran yang besar. Untuk mengakalinya, biasanya orang tua akan menggerus obat terlebih dahulu agar menjadi bubuk sehingga lebih mudah untuk ditelan. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, kita tidak boleh sembarangan menggerus obat karena bisa membuat khasiat dari obat tersebut menghilang lho.

doktersehat-obat-Kompleks-Tuberous-Sclerosis

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika memang memiliki kesulitan tersendiri dalam minum obat, pastikan untuk membicarakannya pada dokter, bukannya sembarangan menggerus atau memotongnya. Hal ini disebabkan oleh bentuk dan cara kerja dari obat yang berbeda-beda. Sebagai contoh, ada obat yang bekerja dengan perlahan-lahan di dalam tubuh sehingga memiliki lapisan yang tidak mudah untuk dihancurkan. Jika kita menggerusnya, maka obat ini akan langsung bekerja dan justru akan gagal mengatasi penyakit yang kita derita.

Jika kita sembarangan menggerus obat, dikhawatirkan kita bisa mendapatkan efek samping seperti teriritasinya lapisan perut yang justru bisa memicu masalah kesehatan baru di dalam tubuh. Berikut adalah beberapa jenis obat yang boleh atau tidak boleh untuk digerus.

Obat dengan lapisan gula
Lapisan gula ditujukan untuk menurunkan sensasi pahit pada obat. Jika kita menggerusnya, maka obat tentu akan terasa pahit saat ditelan.

Obat dengan lapisan enteri
Lapisan enteri mencegah obat ini pecah saat terkena asam lambung. Jika kita menggerusnya, maka lambung akan teriritasi dan manfaat obat akan menghilang.

Obat dengan lapisan lepas lambat
Lapisan ini ditujukan agar dosis obat bisa keluar secara perlahan-lahan. Jika digerus, maka dosis obat akan keluar secara bersamaan dalam jumlah yang besar dan bisa membahayakan kesehatan.

Baca Juga:  Kerap Memberikan Separuh Tablet Obat Dewasa Bagi Anak-Anak Bisa Berbahaya

Obat tanpa pelapis
Obat inilah yang bisa digerus tanpa memberikan efek samping saat dikonsumsi.

Melihat adanya fakta ini, pastikan untuk bertanya pada dokter tentang obat yang boleh digerus atau tidak sehingga kita pun tidak akan mendapatkan efek samping dari mengkonsumsi obat ini.