Mengetahui Gejala dan Penyembuhan Kanker Ginjal

DokterSehat.com– Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal. Ketika sel-sel yang rusak membelah diri secara tidak terkontrol akan membuat benjolan atau tumor ringan. Tumor tersebut dapat tumbuh dan mengganggu sistem pencernaan, syaraf, dan peredaran tubuh yang dapat melepaskan hormon yang mampu mengubah fungsi tubuh. Sel tersebut semakin lama dapat berkembang menjadi jenis kanker tertentu, berdasarkan tempat sel itu  berada.



Salah satunya dapat menyerang bagian tubuh, yaitu organ ginjal yang memiliki fungsi utama untuk mengekskresikan zat-zat metabolisme yang mengandung nitrogen, misalnya amonia. Hasil sekresi dari ginjal berupa urin. Jenis kanker yang menyerang sistem ekskresi ini cukup berbahaya jika tidak ditangani dengan benar. Jaringan sel tersebut memiliki tingkat petumbuhan yang tidak terkendali. Gangguan yang dialami pada jenis kanker ini terjadi di sekitar kandung kemih yang menimbulkan rasa sakit pada saat buang air kecil.

Kanker ginjal atau hipernefroma merupakan jenis kanker pada batu ginjal yang disebut tubulusrenal proksimal. Penyakit ini banyak diderita oleh 80% orang dewasa. Perawatan yang dilakukan melalui nefrektomi radikal atau parsial, serta didukung dengan perawatan yang membantu. Jenis kanker ginjal saat ini terbatas pada parenkimia renal, yang memiliki tingkat keselamatan selama lima tahun dengan prosentase 60-70%. Akan tetapi dipandang rendah karena metastase menyebar. Kanker ini tahan terhadap terapi radiasi dan kemoterapi, meski ada beberapa yang mampu merespon imunoterapi.

Kanker ginjal memiliki beberapa gejala umum. Adanya darah dalam urine yang membuat urine tersebut berwarna kemerahan, dan menimbulkan rasa neyeri ketika buang air kecil. Rasa nyeri juga dirasakan pada satu sisi ginjal sekitar perut yang susah untuk dihilangkan. Adanya gumpalan padat yang yang terdapat pada salah satu sisi perut atau keduanya. Berat badan menurun secara cepat. Tubuh terasa kurang nyaman dan demam. Merasa mudah lelah dan kurang bersemangat dalam beraktivitas. Namun untuk mengetahui tingkat keakuratannya, akan lebih meyakinkan jika segera dipriksakan ke dokter.

Baca Juga:  Asah Otak Anda dengan Kegiatan Ini

Pada tingkat penyebarannya, sel kanker ginjal memiliki tahapan yang dapat berkembang dalam ukuran stadium. Pada stadium satu tumor berukuran 7 cm dan hanya berada pada ginjal. Stadium dua sel tumor berukuran lebih besar, dan masih berada di ginjal. Stadium tiga tumor tidak meluas di sekitar ginjal akan tetapi menyebar melalui getah bening. Sehingga jaringan tumor menyerang kelenjar dan jaringan lemak di daerah ginjal.  Stadium empat tumor dapat meluas di luar jaringan berserabut yang mengelilingi ginjal. Sel kanker ini ditemukan di lebih dari satu simpul getah bening.

Dengan kemajuan ilmu dan teknologi penyembuhan kanker dapat dilakuan dengan berbagai cara. Pertama adalah operasi. Cara ini merupakan perawatan yang umum pada penderita kanker gnjal, yaitu dengan cara mengangkat salah satu organ ginjal (nephrectomy). Kedua Arterial Embolization, yaitu terapi untuk menyusutkan tumor dengan cara menyuntikkan satu senyawa ke dalam pembuluh darah untuk menghalangi aliran darah ke dalam ginjal. Cara ini dapat mencegah pertumbuhan tumor. Ketiga terapi radiasi. Terapi ini menggunakan sinar-sinar radiasi untuk membunuh sel-sel kanker. Keempat terapi biologi, yaitu pengobatan menggunakan kemampuan alami tubuh (sistem imun) untuk melawan kanker. Hal ini dilakukan dengan menambah jumlah zat-zat sistem imun untuk menyerang lanker. Kelima adalah kemoterapi. Cara ini dapat memberikan harapan bagi penderita kanker ginjal studium lanjut.