Mengetahui Ciri Wanita Mandul

DokterSehat.Com – Tidak memiliki keturunan setelah menikah tentunya menjadi sebuah kesedihan sendiri bagi pasangan. Tidak bisa memiliki keturunan tersebut disebabkan karena salah satu dari pasangan mengalami kemandulan. Mandul bisa terjadi oleh siapa saja, baik wanita maupun pria.

13

Secara fisik atau dari penampakkan luar maka seorang wanita yang subur sama wanita yang mandul tidaklah jauh berbeda. Kedua-duanya sama memiliki kecantikkan dan berbagai bentuk fisik yang sama.

Salah satu ciri yang bisa dilihat dari seorang wanita tersebut subur atau tidak maka bisa dilihat dari masa haid atau menstruasinya. Jika masa menstruasi seorang wanita tersebut teratur maka bisa dipastikan bahwa wanita tersebut subur dan langkah untuk memiliki seorang momongan sangatlah terbuka lebar.

Namun jika frekuensi menstruasi atau haid yang dialami oleh wanita tersebut tidaklah teratur maka bisa diindikasikan bahwa organ reproduksinya kurang baik atau tidak subur. Tidak teratur dalam artian, misalnya tiga bulan sekali baru haid atau haid sering terlambat dari jadwal biasanya menstruasi.

Menstruasi yang tidak teratur hanyalah indikasi saja yang bukan merupakan kepastian bahwa wanita tersebut akan positif mandul. Jadi bagi kaum lelaki yang ingin cari istri dan memiliki keturunan secara biologis maka ada baiknya untuk mencari yang teratur mestruasinya. Namun tidak menutup kemungkinan untuk yang tidak teratur menstruasinya tetap bisa hamil.

Ciri tersebut sekali lagi hanyalah indikasi dan bukanlah kepastian yang bisa dijamin kebenarannya hingga mencapai angka seratur persen. Ciri wanita mandul yang lainnya adalah tertutupnya saluran tuba yang disebabkan oleh adanya infeksi dan operasi pengangkatan kehamilan ektopik oleh tenaga medis.

Selain itu, seseorang yang sering mengalami keguguran juga memiliki potensi yang besar untuk menjadi mandul. Alangkah baiknya untuk lebih berhati-hati dalam menjaga kandungan agar tidak terjadi keguguran. Bila perlu dilakukan istirahat total agar tidak terjadi keguguran.

Baca Juga:  Jalan Kaki Tiap Hari Cegah Kanker Payudara

Pola hidup yang tidak sehat juga memberikan sumbangsih yang besar untuk terjadinya kemandulan pada seorang wanita. Misalnya saja kebiasaan merokok dan meminum minuman keras (alkohol). Adanya penyakit radang panggung juga ikut andil untuk terjadinya kemandulan pada seorang wanita.