Mengerikan, Mengeluh Gatal Ternyata Ada Ini Pada Mata Seorang Wanita India

DokterSehat.Com– Sebuah kasus yang luar biasa muncul di India. Seorang wanita dengan usia 59 tahun yang dipanggil Lalitha ini mengalami masalah pada matanya berupa rasa gatal yang tak kunjung berhenti. Ia sebenarnya sudah mencoba untuk membasuh matanya atau menggunakan obat tetes mata namun tak berhasil mengurangi rasa gatal tersebut. Karena sudah tidak tahan dengan rasa gatal ini, Ia pun akhirnya memeriksakan kondisi ini ke dokter. Hasilnya sama sekali tidak Ia duga sebelumnya dimana penyebab dari gatal pada mata tersebut ternyata adalah cacing yang sudah besarang di matanya!

doktersehat-mata-merah-kurang-vitamin-C-bakteri-glaukoma-Eksoftalmus

Saat datang ke rumah sakit, tim dokter yang berasal dari rumah sakit Ernakulam pun langsung dengan tanggap melakukan pemeriksaan pada mata Lalitha. Dari hasil pemeriksaan itulah diketahui ada cacing sepanjang 7 cm yang sudah bersarang pada organ penglihatannya. Karena dianggap sangat membahayakan, dokter pun langsung memutuskan untuk melakukan operasi. Beruntung, hanya dalam waktu 10 menit saja, cacing ini sudah bisa dikeluarkan dari mata Lalitha dan kini sang wanita hanya tinggal menjalani proses pemulihan saja.

Menurut dokter yang menangani kondisi mata Lalitha, cacing yang ada pada mata wanita ini termasuk dalam jenis dirofilaria. Cacing ini ternyata mampu menyebabkan infeksi dirofilariasis dan ditularkan melalui kutu atau nyamuk. Sebenarnya, beberapa jenis dari cacing ini juga bisa ditemukan dalam tubuh manusia layaknya jenis D. Immitis, D. Tenuis, serta D. Repens. Dalam jurnal kesehatan yang berjudul Prasitic Diseases, diketahui bahwa sejak tahun 1885, telah ada setidaknya 900 kasus infeksi dirofilariasis di seluruh dunia. Kebanyakan dari kasus ini terjadi di Eropa bagian timur, Italia, Spanyol, Yunani, Perancis, dan juga Sri Lanka.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Jauh Mengenai Batu Ginjal

Tidak diketahui bagaimana bisa cacing ini bisa masuk ke dalam mata wanita ini dan menyebabkan gatal-gatal yang luar biasa. Satu hal yang pasti, kini Lalitha sudah lega karena tidak mengalami keluhan gatal-gatal yang sangat mengganggunya ini.