Mengerikan! Gara-Gara Ingin Mencopot Lensa Kontak, Kornea Mata Gadis Ini Justru Robek

DokterSehat.Com – Seorang gadis yang bernama Meabh McHugh-Hill mengaku sudah terbiasa memakai lensa kontak untuk memperbaiki penglihatan sekaligus penampilannya. Semenjak usianya masih 16 tahun, Ia bahkan mengaku bisa memakai lensa kontak ini hingga waktu 12 jam lamanya. Karena kerap mamakai lensa kontak dalam waktu yang lama, matanya pun cenderung lebih kering dari mata normal. Hal ini membuat lensa kontaknya lebih mudah lengket pada kornea matanya dan sulit untuk dilepaskan.

doktersehat-lensa-kontak-softlens

Pada suatu waktu, Meabh memakai lensa kontak lebih dari 10 jam saat menonton bioskop dengan kekasihnya. Ia pun ingin segera melepasnya dan pergi ke toilet. Setelah membasahi mata dengan obat tetes mata, Ia pun berusaha melepas lensa kontak yang sudah lengket dengan kornea matanya. Sayangnya, begitu lensa kontak ini lepas, Meabh kemudian mengalami nyeri yang luar biasa pada mata kirinya. Ia bahkan mengaku tidak mampu membuka matanya hingga keesokan harinya dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Tim dokter yang menangani Meabh menyebutkan jika kornea mata sang gadis robek dan hampir saja hal ini membuatnya buta. Alhasil, Ia harus melakukan pemulihan dalam waktu yang lama dan seumur hidup dilarang memakai lensa kontak lagi. Meabh pun mengaku kapok dan bahkan merekomendasikan orang lain untuk tidak memakai lensa kontak agar tidak mengalami hal yang mengerikan seperti dirinya.

Pakar kesehatan mata bernama Niket Sompal, MD, yang berasal dari Touro Osteophatic College of Medicine di New York, menyebutkan jika kasus yang menimpa Meabh memang sangat langka. Namun, hal ini bisa menjadi pelajaran bagi semua orang untuk berhati-hati dalam memakai lensa kontak. Menurut beliau, adanya lensa kontak akan menghalangi pasokan oksigen bagi mata dan membuatnya menjadi lebih kering, apalagi jika dipakai lebih dari 10-12 jam setiap harinya. Alhasil, lensa kontak akan lengket dengan kornea mata dan andai dipaksa untuk dilepas, tentu akan membuat kornea beresiko mengalami robek. Untuk mencegah hal ini, pastikan bahwa kita kerap memakai obat tetes mata selama lensa kontak terpakai. Selain itu, pastikan bahwa kondisi lensa kontak cukup lembut dan mudah untuk dilepas dan segeralah memeriksakan diri ke dokter andai lensa kontak terasa lengket agar kita tidak sembarangan melepasnya.