Mengendarai Motor Tanpa Jaket Tidak Baik Untuk Kesehatan

DokterSehat.Com – Sepeda motor adalah kendaraan yang paling banyak ditemui di Indonesia. Kebanyakan masyarakat menengah ke bawah mengandalkan kendaraan ini untuk keperluan transportasi jarak dekat maupun untuk jarak jauh. Hanya saja, banyak dari kita yang kurang bijak dalam menggunakan kendaraan roda dua ini. Disamping masih rendahnya kesadaran untuk memakai helm, banyak pengguna kendaraan bermotor yang tidak memakai jaket karena alasan panas. Tanpa memakai jaket, pengguna kendaraan bermotor, khususnya para komuter yang setiap hari melakukan perjalanan jarak jauh dari dan menuju tempat kerja, tentu akan beresiko mendapatkan gangguan kesehatan. Apa sajakah resiko memakai sepeda motor tanpa jaket?

doktersehat-pekerja-komuter-resiko-terkena-masalah-kesehatan

Paparan angin saat mengendarai sepeda motor jika tidak ditahan dengan jaket ternyata bisa membuat tubuh menjadi tidak fit. Cobalah untuk berkendara setidaknya lebih dari 10-20 km tanpa memakai jaket, tubuh anda pasti akan merasa pegal-pegal anda merasa jauh lebih lelah jika dibandingkan dengan memakai jaket. Selain itu, paparan angin ke area dada terus menerus ternyata juga bisa membuat gangguan pada saluran paru-paru. Pengendara sepeda motor yang tidak memakai jaket bisa terkena penyakit paru-paru basah, TBC, bronkhitis,  atau bahkan infeksi saluran pernafasan akut atau ISPA. Selain karena paparan angin saat berkendara sepeda motor, polusi udara yang dipenuhi banyak zat beracun bisa menyebabkan penyakit-penyakit saluran pernafasan tersebut.

Kita juga tidak bisa sembarangan memakai jaket mengingat banyak orang yang hanya memakai jaket tipis layaknya cardigan bagi kaum hawa, kaos panjang, atau bahkan baju lengan panjang sebagai “jaket” saat berkendara. Jaket kulit akan menjadi pilihan yang baik karena bisa melindungi tubuh pengendara sepeda motor dengan baik baik dari paparan angin dan kekuatannya untuk tidak mudah sobek jika terjatuh. Selain jaket kulit, jaket yang cenderung tebal atau memiliki lapisan kain ganda juga akan lebih baik untuk melindungi tubuh pengendara sepeda motor. Memang, sebelum kita mengendarai sepeda motor, tubuh akan terasa sangat panas dan gerah saat memakai jaket, namun, saat berkendara kita tidak akan merasa gerah lagi dan terlindungi dari paparan angin yang sangat kuat.